Rancang Bangun Pengaman Pintu Ruang Kuliah Menggunakan Sensor Fingerfrint Berbasis Arduino Mega2560

Randi Anggriawan(1), Oriza Candra(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107575

Full Text:    Language : en

Abstract


Makalah ini bertujuan untuk membuat pintu keamanan menggunakan sensor sidik jari yang akan diterapkan di ruang belajar. Desain perangkat ini terdiri dari beberapa komponen utama yaitu mikrokontroler Arduino Mega2560 sebagai pusat pengolahan data, sensor sidik jari untuk mendeteksi sidik jari siswa. DS 1307 berfungsi untuk penunjukan dan perekaman waktu lokal pada Micro SD. Liquid Crystal Display digunakan sebagai media tampilan untuk menampilkan informasi. Relay berfungsi sebagai saklar atau driver untuk selenoid. Modul Micro SD sebagai media penyimpan data dan kunci pintu solenoid untuk membuka dan menutup pintu ruangan yang dikontrol oleh mikrokontroler.

Keywords


Fingerprint Sensor; Arduino Mega2560; Liquid Crystal Display (LCD); Micro SD Modul.

References


Saputra, Subandi (2018). “Rancang Bangun Mesin Absensi Elektronik Berbasis Mikrokontroller ATMega 328” Tugas Akhir jurusan Teknik Elektro Industri pada Universitas Negeri Padang.

Hidayat, Fitrah. 2019.”Rancang Bangun VVVf Inverter # Fasa Untuk Operasi Motor Induksi Tiga Fasa dengan Antarmuka Komputer”. Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro pada Universitas Negeri Padang.

Mhd Iqbal, Juli Sardi. “Pemograman Alat Penimbang dan Packing Beras Berbasis Mikrokontroller”. JTEV Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional Vol 5, No. 2, 2019.

Yalandra, Hengky (2019). “Rancang Bangun Pengaman Pintu Personal Room menggunakan Sensor Sidik Jari Berbasis Arduino”. Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro pada Universitas Negeri Padang.

Rahman Jamal, Muhammad. (2015). Perancangan Dan Pembuatan Sistem Akuisisi Data Photovaltaic Thermal Dengan Menggunakan Bluetooth. Tugas Akhir Teknik Elektro pada FT UNP Padang: tidak diterbitkan.

Zetri Buana, Oriza Candra. “Sistem Pemantauan Tanaman Sayur dengan Media Tanam Hidroponik Menggunakan Arduino”. JTEV Jurnal Elektro dan Vokasional Vol V, no. 1, 2019.

Anggraini, Widya (2019). “Rancang Bangun Konverter Buck Boost Berbasis Mikrokontroller ATMega 8535”. Tugas Akhir Teknik Elektro pada FT UNP.

Aswardi , Oriza Candra , Zul Saputra, “Sistem Pemanas Logam dengan Induction Heater Berbasis Atmega32”. JTEV Jurnal Elektro dan Vokasional Vol 5, No 1.1 (2019)


Article Metrics

 Abstract Views : 1212 times
 PDF Downloaded : 580 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.