Efektivitas Penerapan Modul Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Di SMK N 2 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.106861
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran DLE Di Smk N 2 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Hasil belajar siswa yang masih rendah yang diakibatkan oleh faktor media pembelajaran yang belum maksimal dalam menimbulkan semangat belajar dan menuntun peran aktif siswa. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan penerapan modul pembelajaran untuk melihat Efektivitas terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang dikategorikan kedalam jenis penelitian pre experimental Design dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 2 SMK Negeri 2 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 28 orang siswa.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes berupa soal objektif. Pretest sebagai data awal sebelum penerapan modul pembelajaran dan posstets sebagai data setelah penerapan modul pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Effect Size. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebelum menggunakan modul pembelajaran sebesar 63,61 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,54. Dari perhitungan Effect Size, dimana nilai Effect Size antara pretest dengan posttest sebesar 0,84 dengan kategori sedang, artinya teradapat efektivitas penerapan modul pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di kelas X TITL 2 SMK Negeri 2 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara
References
A. Dardiri, M. Mujiyono, and M. A. Ichwanto, “ANALISIS HASIL UJI KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURAN BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN,” Teknol. dan Kejuru. J. Teknol. Kejuruan, dan Pengajarannya, 2017.
Depdiknas, “Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,” Jakarta BNSP Depdiknas, 2006.
Elfizon, M. Muskhir, and O. Candra, “Pengembangan Media Trainer Elektronika Dalam Pembelajaran Teknik Elektronika Pada Pendidikan Vokasi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang,” 2017.
N. Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011.
K. Krismadinata, E. Elfizon, and T. Santika, “Developing Interactive Learning Multimedia on Basic Electrical Measurement Course,” vol. 299, no. Ictvet 2018, pp. 305–308, 2019.
Susanti Novia and Elfizon, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Prezi di SMK Negeri 1 Tanjung Raya,” vol. 5, no. 2, pp. 28–34, 2019.
O. Candra, Elfizon, Aswardi, Hendri, and Aslimeri, “PENINGKATAN KETERAMPILAN BIDANG PEMASANGAN INSTALASI LISTRIK RUMAH TANGGA DAN BIDANG SERVICE PERALATAN ELEKTRONIK BAGI PEMUDA PANTI BUDI UTAMA DI LUBUK ALUNG,” JTEV, vol. V, no. 1, pp. 31–36, 2019.
Elfizon, M. Muskhir, and O. Candra, “Pengembangan Media Trainer Elektronika dalam Pembelajaran Teknik Elektronika pada Pendidikan Vokasi Teknik Elektro FT UNP,” in Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), 2017, pp. 153–160.
E. Bustami, O. Candra, and M. Muskhir, “Penerapan Strategi Training Within Industry Sebagai Upaya Meningkatan Motivasi Perkuliahan,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 18, no. 2, pp. 55–64, 2018.
S. Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
H. Uhyat, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D,” Metod. Penelit. Pendidik. Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, pp. 283–393, 2013.
Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D,” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. pp. 283–393, 2013.
S. Wassertheil and J. Cohen, “Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences,” Biometrics, 1970.
L. Becker, Analysis of Pretest And Posttest Scores With Gain Scores And Repeated Measures. 2000.
Article Metrics
Abstract Views : 387 timesPDF Downloaded : 115 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.