Teknologi Informasi Dan Otomatisasi Pengukuran Ketinggian BBM Dalam Tangki Minyak Berbasis Arduino Uno

Dian Yayan Sukma(1),
(1) Universitas Riau  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v5i1.1.106155

Full Text:    Language : en

Abstract


Paper ini menunjukan teknologi pengukuran ketinggian BBM dalam tangki minyak secara otomatis kemudian menginformasikan keadaan ketinggian BBM tertentu ke telepon seluler pemiliknya melalui pesan singkat (SMS). Penerapan teknologi ini dilakukan pada miniatur tangki minyak berukuran mini berdiameter 26 cm. Ketinggian BBM dalam tangki minyak diukur menggunakan sensor jarak Ultrasonic PING. Sinyal dari sensor PING diumpankan ke modul mikrokontroler Arduino Uno untuk dilakukan pengaturan dan pemprosesan data. Selanjutnya informasi hasil pengolahan data ditampilkan di layar LCD.  Pada ketinggian BBM tertentu yang menjadi perhatian khusus, informasi dikirim ke pemiliknya dengan teknologi informasi berupa pesan singkat (SMS). Teknologi informasi dibangun dengan menggunakan modul GSM yang terhubung dengan Arduino Uno. Selanjutnya informasi dari modul GSM dikirim melalui jaringan GSM ke telepon seluler pemilik. Hasil pengujian dari pengukuran ketinggian BBM dalam miniatur tangki minyak hingga 25 cm memiliki akurasi 100%. Akurasi pengukuran ini berkurang pada ketinggian BBM di atas 25 cm. Secara keseluruhan pengukuan ketinggian BBM dalam tangki minyak ini memliki akurasi sebesar 97,9%. Teknologi informasi dan pengukuran otomatis yang dirancang mampu bekerja dengan baik.

Keywords


PING, Arduino, GSM, Tangki, Ketinggian

References


Arduino. 2013. Arduino Mega 2560. http://arduino.cc/en/Main/arduinoBoardMega2560 diakses tanggal 21 Maret 2018.

Dinata, Yuwono Marta. 2015. Arduino Itu Mudah. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Ichwan, Muhammad. 2013. Pembangunan Prorotype Sistem Pengendalian Peralatan Listrik Pada PlatformAndroid.Bandung: Tugas Akhir, Institut Teknologi Nasional Bandung.

McRoberts, Michael. 2010. Beginning Arduino. New York:Apress.

Prawiroredjo, Kiki. Nyssa Asteria. 2008. Detektor jarak dengan sensor Ultrasonik berbasis Mikrokontroler. Dosen jurusan Teknik Elektro-FTI Universitas Trisakti, JETri Vol. 7, Nmr 2.

Setiawan, Edi. 2011. Alat Ukur Tinggi Badan Digital Menggunakan Ultrasonic Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 16 Dengan Tampilan LCD.Surakarta: Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wekiardi, Hazni. 2008. Analisa Performasi Pengiriman Short Message Service (SMS) untuk pelanggan prabayar pada jaringan GSM PT. Indosat. Tugas Akhir, Jurusan TeknikElektro. Jakarta: Universitas Indonesia.


Article Metrics

 Abstract Views : 422 times
 PDF Downloaded : 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.