Analisis Penggunaan Aplikasi AMS Pada Fingerprint Di Jaringan LAN LPP – RRI Pekanbaru

Noveri Lysbetti Marpaung(1),
(1) Universitas Riau  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v5i1.1.106141

Full Text:    Language : en

Abstract


Salah satu aspek yang menentukan kemajuan suatu Instansi/Perusahaan adalah kedisiplinan. Jika kedisiplinan bisa diterapkan dengan baik maka besar kemungkinan Instansi/Perusahaan tersebut dapat berkembang dengan baik. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk memantau Kedisiplinan Kerja Pegawai adalah Teknologi Fingerprint. Teknologi Fingerprint merupakan Teknologi Aplikasi Pengolah Data yang dinilai efektif untuk dapat melihat Kedisiplinan Pegawai dari suatu instansi dalam hal ketepatan waktu saat masuk dan pulang kerja. Dengan alat ini maka setiap pegawai tidak lagi mempunyai alasan tentang persisnya jam berapa tiba di kantor dan jam berapa pulang dari kantor setiap harinya. Hal ini dirasa perlu untuk meningkatkan tingkat kedisiplinan Para Pegawai tersebut, sehingga tidak ada alasan bagi siapapun untuk mengulur waktu masuk dan waktu pulang karena penggunaan teknologi ini berlaku bagi semua pegawai yang ada dalam suatu instansi/perusahaan. Pada Sistem Absensi Fingerprint Berbasis LAN, dilakukan Proses Instalasi dan Konfigurasi Software AMS pada Mesin Fingerprint terlebih dahulu. Setelah selesai mengkonfigurasi Software AMS sesuai kondisi di LPP – RRI Pekanbaru maka Fingerprint siap digunakan. Ada dua hasil yang muncul ketika Pegawai berhasil melakukan scan yaitu Pemberitahuan Sukses Scan serta Melihat Hasil Absensi dan Hasil Absensi Mencetak Dalam Bentuk Laporan.

Keywords


Fingerprint, Jaringan LAN, LPP RRI, Software AMS

References


Dahliah, 2010, Kontrol Jarak Jauh Kehadiran Karyawan Menggunakan Teknologi Biometrik dan Memanfaatkan Teknologi Intranet, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tominanto, Warsi Maryati, 2013, Sistem Informasi Berbasis Fingerprint Untuk Meningkatkan Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan, Jurnal Infokes Apikes Citra Medika Jilid 3 Terbitan 2, Penerbit Univeristas Duta Bangsa, Surakarta.

Alam, Nur, 2013, Perancangan Sistem Informasi Pendukung Laporan Absensi Elektronik BBPPKI Makassar, Vol 16 No 1, Penerbit Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatik Makassar.

Parlika, R., Nemicio de S.G., dkk, 2014, Sistem Absensi Sidik Jari Terintegrasi SMS Gateway Berbasis Desktop Menggunakan Visual Basic dan MySql, Jurnal Scan Vol 9 No 2, Penerbit LPPM UPN Veteran, Surabaya – Jatim.

Sujana, A. Harun Nasrullah, 2016, Sentralisasi Absensi Sidik Jari Berbasis PC di Jaringan Lokal, Penerbit Jurnal Isu Teknologi Vol 11 No 2, Sekolah Tinggi Teknologi Mandala, Bandung.

Verdian, Ihsan, 2015, Penelitian Aplikasi Sistem Absensi Mahasiswa Menggunakan Sidik Jari Pada Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Jurnal KomTekInfo Vol 2 No 1, Penerbit Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Padang.

Fathimiyah, Umi, 2016, Pengaruh Absensi Sidik Jari (Finger Print) dan Motivasi Kerja Terhadap Kedisiplinan Karyawan (Studi Kasus Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Walisongo Semarang), Jurusan Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri, Penerbit UIN Walisongo, semarang.

Misbach, Ifa, 2010. Dahsyatnya Sidik Jari : Menguak Bakat dan Potensi Untuk Merancang Masa Depan Melalui Finger Print Analisis, Penerbit Trasnmedia, Jakarta.

Maltoni, D., Jain, A.K., Maio, D., Prabhakar, S., 2003, Handbook of Fingerprint Recognition, Publisher Springer Verlag, New York.

Santi, Rina Candra Noor, 2008, Identifikasi Biometrik Sidik Jari Dengan Metode Fraktal, Jurnal Teknologi Informasi Dinamik Volume XIII, No.1, Januari 2008, Universitas Stikubang, Semarang, Hal 68 – 72.

Solution, 2018, Solution X100-C, http://www.solution.co.id diakses pada Tanggal 6 April 2018 Pukul 20.00 Wib.

Syafrizal, Melwin, 2005, Pengantar Jaringan Komputer, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Zunaidi, Muhammad, Dkk, 2014, Membentuk Jaringan Peer To Peer Menggunakan Kabel Firewire IEEE-1394 Dengan Metode Bridge, Jurnal Saintikom Vol. 13, No. 2, Mei 2014, STMIK Triguna Dharma, Medan, Hal 107 – 120.


Article Metrics

 Abstract Views : 1505 times
 PDF Downloaded : 330 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.