Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model system pembebanan Repeated Load Tipe Rapid Impact Compaction dengan menggunakan sistem instrumentasi dengan proses akuisisi data untuk memperoleh data tekanan pada lapisan tanah, pola deformasi tanah dan tekanan air pori apabila dilakukan pembebanan. Untuk pengukuran tekanan pada lapisan tanah   menggunakan sensor earth pressure cell, sedangkan untuk pengukuran deformasi tanah dan tekanan air pori digunakan sensor sensor ultrasonik dan pore water pressure sensor. Hasil pengukuran sistem ini akan divalidasi  sesuai dengan rumus dan teori yang telah ada.

      Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa besarnya beban yang diberikan berbanding lurus dengan tekanan pada  lapisan tanah. Begitupula dengan pengukuran tekanan air pori tanah yaitu untuk beban statis perbedaan presentase kesalahan antara teori dan praktek cukup kecil yaitu rata-rata  presentase kesalahan berkisar 0,0475 %, sedangkan untuk beban dinamis, diperoleh bahwa tegangan air pori memilik batasan nilai, sehingga walaupun terjadi tumbukan lagi nilainya akan tetap. Untuk pengukuran deformasi tanah diperoleh peningkatan penurunan tanah sesuai dengan banyaknya jumlah tumbukan.

Keywords


Earth pressure cell, pore water pressure sensor, sensor ultrasonik, Rapid Impact Compaction, tekanan tanah, tekanan air pori tanah, deformasi tanah