The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang pesat khususnya di bidang pendidikan menuntut masyarakat untuk dapat memahami dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satunya dengan menggunakan bahan ajar berbasis IT seperti e-book. E-book yang dikembangkan harus didasarkan pada potensi atau karakteristik kawasan sekitar peserta didik yaitu dengan memanfaatkan taman edukasi (edupark) sebagai sumber belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan E-book Edupark Fisika dengan Pendekatan Saintifik pada Destinasi Wisata Panorama Tabek Patah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain pendidikan dengan model pengembangan Plomp dalam tahapan pengembangan atau tahap pembuatan prototipe. Pengumpulan data menggunakan instrumen praktis yang terdiri dari beberapa komponen yang berguna, mudah digunakan, menarik, dan efisien yang diberikan kepada beberapa siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase kepraktisan dengan menghasilkan e-book edupark fisika yang praktis sebagai bahan ajar fisika di SMA.