Desain Four-Tier Multiple Choice Test pada Materi Getaran Harmonis untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA/MA

Sri Guswina(1), Fatni Mufit(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jppf.v6i2.110873

Full Text:    Language : id

Abstract


Kurikulum 2013 revisi 2017 menuntut siswa untuk bisa memahami konsep materi yang dipelajarinya di sekolah. Miskonsepsi sering terjadi pada materi getaran harmonis, namun belum tersedia tes diagnostik miskonsepsi. Untuk mengatasi permasalahan ini, dibutuhkan instrumen four-tier multiple choice test untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan desain four-tier multiple choice test yang valid. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (development research) menggunakan model pengembangan Plomp.  Pada penelitian ini dibatasi pada dua dari tiga tahap model Plomp yaitu penelitian pendahuluan  (preliminary reseacrh), dan tahap pengembangan (development or prototyping phase) sampai uji validitas (expert review). Instrumen pada penelitian pendahuluan adalah tes konsep dan panduan wawancara guru, sedangkan pada tahap pengembangan digunakan lembar self evaluation dan lembar validasi. Teknik analisa data menggunakan teknik koding, analisa statistik deskpritif dan formula V-Aiken untuk validitas. Pada tahap penelitian pendahuluan diperoleh hasil bahwa kebanyakan siswa tidak memahami konsep dan sebagian lain mengalami miskonsepsi, dari wawancara guru diperoleh informasi belum tersedia instrumen tes diagnostik untuk mengetahui pamahaman konsep siswa. Pada tahap pengembangan, hasil uji validasi indikator pencapaian kompetensi, rata-rata kelayakan isi diperoleh 83% dengan kategori sangat valid, kelayakan konstruksi  77,50% dengan kategori valid, dan kelayakan bahasa 80% dengan katergori sangat valid. Berdasarkan item soal, diperoleh semua item soal baik aspek kelayakan isi, konstruksi, dan bahasa berada pada kategori valid. Hal ini menunjukkan instrumen tes four-tier multiple choice telah valid dan layak  digunakan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa pada materi getaran harmonis.

Article Metrics

 Abstract Views : 745 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 301 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.