Penggunaan Maure Sipema (Media Augmented Reality – Inovasi Pembelajaran Akuntansi Mahasiswa) dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Malang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(6) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(7) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(8) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/011207240
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Adinda, K., & Rohman, A. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi dalam praktik pelaporan laporan keuangan. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107.
Anugerah, S., Ulfa, S., & Husna, A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) Untuk Siswa Tunarungu Di Sekolah Dasar Luar Biasa. JINOTEP: Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 7(2), 76–85.
Apostolou, B., Dorminey, J. W., Hassell, J. M., & Rebele, J. E. (2016). Accounting education literature review (2015). Journal of Accounting Education, 35, 20–55.
Chiang, T. H. C., Yang, S. J. H., & Hwang, G.-J. (2014). An augmented reality-based mobile learning system to improve students’ learning achievements and motivations in natural science inquiry activities. Journal of Educational Technology & Society, 17(4), 352–365.
Cosmina, P. I., & Cristina, M. L. (2015). Accounting education and its place in the Romanian economic education literature. Accounting and Management Information Systems, 14(1), 36.
Diaz, C., Hincapié, M., & Moreno, G. (2015). How the type of content in educative augmented reality application affects the learning experience. Procedia Computer Science, 75, 205–212.
Ferrer-Torregrosa, J., Jiménez-Rodríguez, M. Á., Torralba-Estelles, J., Garzón-Farinós, F., Pérez-Bermejo, M., & Fernández-Ehrling, N. (2016). Distance learning ects and flipped classroom in the anatomy learning: comparative study of the use of augmented reality, video and notes. BMC Medical Education, 16(1), 1–9.
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Islam, S., Baharun, H., Muali, C., Ghufron, M. I., el Iq Bali, M., Wijaya, M., & Marzuki, I. (2018). To boost students’ motivation and achievement through blended learning. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1), 12046.
Jamaludin, J., Purba, R. A., Effendy, F., Muttaqin, M., Raynonto, M. Y., Chamidah, D., Rahman, M. A., Simarmata, J., Abdillah, L. A., & Masrul, M. (2020). Tren Teknologi Masa Depan. Yayasan Kita Menulis.
Kent, T. W., & McNergney, R. F. (1999). Will technology really change education? From blackboard to Web. ERIC.
Kipper, G., & Rampolla, J. (2012). Augmented reality: An emerging technologies guide to AR. Elsevier.
Lee, M. K. O., Cheung, C. M. K., & Chen, Z. (2005). Acceptance of Internet-based learning medium: the role of extrinsic and intrinsic motivation. Information & Management, 42(8), 1095–1104.
Madya, S. (2007). Penelitian tindakan kelas. Bandung: Alfabeta.
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174–183.
Ningsih, M. F. (2015). Pengaruh media pembelajaran augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada konsep gelombang.
Nugraheni, A. (2012). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Konsep Kebidanan. UNS (Sebelas Maret University).
Nurnaena, S., & Gumiandari, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah MAN 1 Cirebon. Jurnal Akrab Juara, 7(4), 402–414.
Nurutdinova, A. R., Perchatkina, V. G., Zinatullina, L. M., Zubkova, G. I., & Galeeva, F. T. (2016). Innovative teaching practice: traditional and alternative methods (challenges and implications). International Journal of Environmental and Science Education, 11(10), 3807–3819.
Oya, E. R. U. (2017). The use of augmented reality in marketing courses. International Journal of Social Sciences and Education Research, 3(5 S), 1746–1757.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.
Sakat, A. A., Zin, M. Z. M., Muhamad, R., Anzaruddin, A., Ahmad, N. A., & Kasmo, M. A. (2012). Educational Technology Media Method In Teaching And Learning Progress. Advances in Natural and Applied Sciences, 6(3), 484–490.
Sorko, S. R., & Brunnhofer, M. (2019). Potentials of augmented reality in training. Procedia Manufacturing, 31, 85–90.
Sukardi, H. M. (2022). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: implementasi dan pengembangannya. Bumi Aksara.
Sumiharsono, M. R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. CV. Pustaka Abadi.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.
Wardani, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) untuk Pengenalan Aksara Jawa pada Anak. Jurnal Teknologi, 8(2), 104–111.
Widiyanti, R., & Ulfa, F. (2019). Penerapan Permainan Monopoli Digital Untuk Meningkatan Minat Belajar Siswa SD Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 5(2), 79–86.
Zulfahmi, M., & Wibawa, S. C. (2020). Potensi Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar dan Respon Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 334–343.
Article Metrics
Abstract Views : 482 timesPDF Downloaded : 217 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.