Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kelas Pengantar Ekonomi Pembangunan Melalui Metode Case Base Learning (CBL)
(1) Univeritas Negeri Padang  Indonesia
(2) Univeritas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(6) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/011207090
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Anderson.J.R.(1985).Language,Memory and Though, Hilsade, NJ, Erlabum
Ardian, A.(2015).Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning dan Kemampuan Spasial Terhadap Kreativitas Mahasiswa.Jurnal:Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Asfar.(2019).Efektivitas Case Based Learning (CBL) Disertai Umpan Balik Terhadap Pemahaman Konsep Siswa.Jurnal:Pendidikan Matematika, 3(1)
Budiharto,Triyono & Suparman.(2018).Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pembelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan.Jurnal: Ilmu Sejarah,Sosial, Budaya, Dan Kependidikan,5(1)
Bonner, S. E., & Walker, P. L. (1994). The effects of instruction and experience on the acquisition of auditing knowledge. Accounting Review, 157-178.
CA, Dewi. (2015). Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen”. 3(2)
Dimiyati,M.(2010) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ferawati.(2016).Penerapan “Case Based Learning” Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Keperawatan.Research Repository
Giacalone,D.(2016). Enhancing Student Learrning With Case-Based Teaching and Audience Response System in an Interdisciplinary Food Science Course, Higher Learning.Research Communication, 6(3)
Ishak.(2016).Model Pengembangan Sistem Instruksional.Jurnal:Istiqra, 4(1)
Iskandar, D. (2015).Penelitian Tindakan Kelas dn Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa Cilacap:Ihya Media.
Kaddoura, M. A. (2011). Critical Thinking Skills of Nursing Students in Lecture-Based Teaching and Case-Based Learning. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 5(2), n2.
Khasinah, S.(2013).Clasroom Action Research.Jurnal:Pionir, 1(1)
Kusuma, D., & Dwitagama, D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. jakarta: PT INDEKS.
Kim, S., Phillips, W. R., Pinsky, L., Brock, D., Phillips, K., & Keary, J. (2006). A conceptual framework for developing teaching cases: a review and synthesis of the literature across disciplines. Medical education, 40(9), 867-876.
Magdalena.(2020).Analisis Bahan Ajar.Jurnal:Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2)
Manurung, S. (2017).Merancang Kegiatan Pembelajaran.Jurnal: LPPM Universitas HKBP Nommensen
Muhammad.(2018). Sumber Belajar.
Muhammad,M.(2016).Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran.Jurnal:Lantanida Journal.4(2)
Mutmainah, S. (2008). Pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif berbasis kasus yang berpusat pada mahasiswa terhadap Efektivitas pembelajaran akuntansi keperilakuan.
Musriadi, D dan Muhibuddin.(2014).Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA inshafuddin Banda Aceh.Jurnal:Edubio Tropica, 2(1) Hal 151-158
Nana,K.(2010).Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Metode Studi Kasus.Jurnal:Civicius.10(2)
Nurysana,E.(2020).Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa.Jurnal:Inovasi Penelitian, 1(5)
Nuryanti,L.(2018).Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.Jurnal Pendidikan.3(2).
Sardiman,AM.(2012).Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers
Shohib. (2019). Student Centered Learning Solusi Atau Masalah di Era Revolusi Industri 4. Jurnal Ilmiah Hukum Dan Keadilan, 6(1), 86-103
Simbolon, D.H.(2022).Pengaruh Model Case Based learning (CBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.Jurnal:Multidisiplin Ilmu, 1(3)
Syam, S. (2022). Penerapan Case Method Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2).
Trianto.(2011).Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Prestasi Pustaka
Yumarma, A. (2006). Pedagogi Pasca-UU Guru dan Dosen. Kompas, Selasa, 17Januari.
Article Metrics
Abstract Views : 376 timesPDF Downloaded : 157 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.