Analisis Kesan, Tantangan, Hambatan, dan Harapan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid 19

Sebastianus Widanarto Prijowuntato(1), Aurelia Melinda Nisita Wardhani(2),
(1) Universitas Sanata Dharma  Indonesia
(2) Universitas Sanata Dharma  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/011121780

Full Text:    Language : IN

Abstract


This study aims to analize the online learning process in the Covid 19 pandemic era experienced by students. This analysis is seen from the student's perspective of impressions, challenges, obstacles, and hopes during the learning process during the Covid-19 pandemic. The data collection method in this study used a survey by distributing a google form link to students. The number of respondents in this study were 292 students. The data analysis used included reduction of the data obtained, 2) presentation of the data, and 3) drawing conclusions. The results of this study indicate that there are positive and negative impressions during the online learning process. The negative impressions of the online learning process are supported by the challenges and obstacles experienced by students. In addition, this study also provides an overview of student expectations in the online learning process during the Covid 19 pandemic

Keywords


impressions, challenges, obstacles, hopes, online learning

References


Amany, A. (2020, Desember). Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Vol. 2(No. 2), 1-11.

Andilala, & Marhalim. (2019). Aplikasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pseudocode, Vol. VI(No. 2), 172-180.

Febrilia, B. R., Nissa, I. C., Pujilestari, & Setyawati, D. U. (2020, Desember). Analisis Keterlibatan Dan Respon Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol. 6(No.2), 175-184.

Firdaus, M., Darma, Y., & Oktaviani, D. (2013). Kepuasan Berdasarkan Presepsi dan Harapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol. 2(No. 2), 131-138.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020, Juli). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, Vol. 6(No.2), 165 - 175. Retrieved from http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011, April). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12(No. 1), 90 - 96.

Hayati, N. (2020, April 07). Metode Pembelajaran Daring/E-Learning yang Efektif. Retrieved from researchgate.net: https://www.researchgate.net/publication/340478043

Iskandar, Matshura, S., & Oktaviyana, C. (2020, Juli). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Abulyatama. Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vol. 4(No. 2), 323 - 332. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/dedikasi

Isman, M. (2016). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/7868/73.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Jamilah. (2020). Guru Profesional di Era New Normal: Review Peluang dan Tantangan dalam Pembelajaran Daring. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Vol. 10(No. 2), 238-247.

Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020, April). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Kota Bengkulu dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 3(No. 1), 25 - 32.

Jusmawati, J., Satriawati, S., & Sabillah, B. M. (2020, Juli). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa PGSD Unimerz pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika. Jurnal kajian Pendidikan Dasar, Volume 5(Nomor 2), 106 - 111.

Kemendikbud. (2020, Maret 18). Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020. Kemendikbud RI.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, September). Kemendikbud Resmikan Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet 2020. Retrieved April 14 April, 2021, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/09/kemendikbud-resmikan-kebijakan-bantuan-kuota-data-internet-2020

Kurniawan, H., Susanti, E., & Arriyani, N. (2021, Februari). Menjadi Guru yang Siap DI Masa Pandemi Covid-19, Melalui Workshop Penggunaan Edmodo dan Google Classroom pada Pembelajaran Daring. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. 11(No. 1), 63-67.

Mamahit, C. (2021, Jan). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Model Bauran Terhadap Hasil Belajar dan Persepsi Mahasiswa. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah, Vol.17(No. 1), 67-83. doi:dx.doi.org/10.19166/pji.v17i1.2792

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook - Third edition (Second Edition ed.). SAGE Publications, Inc.

Nengrum, T. A., Solong, N. P., & Iman, M. N. (2021, Maret). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, Vol. 30(No. 1), 1 - 12.

Niani, C. R., & C. R. (2020, Oktober). Analisis Kendala Sistem Belajar Daring Terhadap Pembelajaran Matematika di Kampus. Math Educa Journal, 4(2), 114 - 122. Retrieved from : http://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/matheduca

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), Vol. 7 No. 2, 124-132.

Nursalikah, A. (2018, 11 12). Pendidikan. Jumlah Mahasiswa Indonesia Masih Sedikit. Retrieved from https://republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/18/11/12/pi2o7r366-jumlah-mahasiswa-indonesia-masih-sedikit

Pratiwi, E. W. (2020, April). Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan TInggi Kristen di Indonesia. Pespektif Ilmu Pendidikan, Vol. 34(No. 1), 1 - 8. doi:http://doi.org/10.21009/PIP.341.1

Rahayu, R. (2020). Analisis Tingkat Kesiapan Perguruan Tinggi dan Tingkat Kepuasan Pengguna dalam Implementasi E-Learning System Sebagai Dampak dari Pandemi Covid 19. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, Vol. 10(No. 2), 93 - 105. Retrieved from http://:ejournal.unp.ac.id/index.php/jipe

Rao, V. S. (2019). Blended Learning:A New Hybrid Teaching Methodology. Journal For Research Scholars and Professionals of English Language Teaching, Vol.3 (Issue 13), 1-6.

Rigianti, H. A. (2020, Juli). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, Volume 7(Nomor 2), 297 - 302.

Rosali, E. S. (2020, Juni). Aktifitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Explored Journal, Volume 1(Nomor 1), 21 - 30. Retrieved from http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/index

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Volume 6(Nomor 02), 214 - 224. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/biodik

Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas. (2020, Februari). Pelatihan E-learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya, Vol. 4(No. 1), 108-117.

Suhery, Putra, T. J., & Jasmalinda. (2020, Agustus). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan, Vol. 1(No. 3), 129 - 132.

Sumarno. (2020). Adaptasi Sekolah Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SMP Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan). Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, Volume I(No. 2), 149 - 162.

Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020, Oktober). Tantangan Pembelajaran Daring di Indonesia. Kelola: Journal of Islamic Education Managementt, 5, 89-98.

Vera, N. (2020, Desember). Strategi Komunikasi Dosen dan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. AVANT GARDE: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 08(No. 02), 165-177.

Wahyuni, S. (2018, November). Persepsi Mahasiswa tentang Gaya Mengajar Dosen dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, Vol. 8(No. 2), 113 - 121. Retrieved from http://:ejournal.unp.ac.id/index.php/jipe

Widharyanto, B., & Binawan, H. (2020, Juni). Learning Style and Language Learning Strategies Of Students From Various Ethnics In Indonesia. Cakrawala Pendidikan, Vol. 39(No. 2), 480-492. doi:10.21831/cp.v39i2.28173

Yokhebed. (2019). Profil Kompetensi Abad 21: Komunikasi, Kreatifitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis Pada Calon Guru Biologi. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, Volume 8(Nomor 2), 94-97.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi manajemen, Volume 4(Nomor 1), 37 - 45.


Article Metrics

 Abstract Views : 3723 times
 PDF Downloaded : 1020 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.