Analisis Kesan, Tantangan, Hambatan, dan Harapan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid 19
(1) Universitas Sanata Dharma  Indonesia
(2) Universitas Sanata Dharma  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/011121780
Full Text: Language : IN
Abstract
Keywords
References
Amany, A. (2020, Desember). Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Vol. 2(No. 2), 1-11.
Andilala, & Marhalim. (2019). Aplikasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pseudocode, Vol. VI(No. 2), 172-180.
Febrilia, B. R., Nissa, I. C., Pujilestari, & Setyawati, D. U. (2020, Desember). Analisis Keterlibatan Dan Respon Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol. 6(No.2), 175-184.
Firdaus, M., Darma, Y., & Oktaviani, D. (2013). Kepuasan Berdasarkan Presepsi dan Harapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol. 2(No. 2), 131-138.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020, Juli). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, Vol. 6(No.2), 165 - 175. Retrieved from http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011, April). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12(No. 1), 90 - 96.
Hayati, N. (2020, April 07). Metode Pembelajaran Daring/E-Learning yang Efektif. Retrieved from researchgate.net: https://www.researchgate.net/publication/340478043
Iskandar, Matshura, S., & Oktaviyana, C. (2020, Juli). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Abulyatama. Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vol. 4(No. 2), 323 - 332. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/dedikasi
Isman, M. (2016). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/7868/73.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Jamilah. (2020). Guru Profesional di Era New Normal: Review Peluang dan Tantangan dalam Pembelajaran Daring. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Vol. 10(No. 2), 238-247.
Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020, April). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Kota Bengkulu dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 3(No. 1), 25 - 32.
Jusmawati, J., Satriawati, S., & Sabillah, B. M. (2020, Juli). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa PGSD Unimerz pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika. Jurnal kajian Pendidikan Dasar, Volume 5(Nomor 2), 106 - 111.
Kemendikbud. (2020, Maret 18). Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020. Kemendikbud RI.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, September). Kemendikbud Resmikan Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet 2020. Retrieved April 14 April, 2021, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/09/kemendikbud-resmikan-kebijakan-bantuan-kuota-data-internet-2020
Kurniawan, H., Susanti, E., & Arriyani, N. (2021, Februari). Menjadi Guru yang Siap DI Masa Pandemi Covid-19, Melalui Workshop Penggunaan Edmodo dan Google Classroom pada Pembelajaran Daring. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. 11(No. 1), 63-67.
Mamahit, C. (2021, Jan). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Model Bauran Terhadap Hasil Belajar dan Persepsi Mahasiswa. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah, Vol.17(No. 1), 67-83. doi:dx.doi.org/10.19166/pji.v17i1.2792
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook - Third edition (Second Edition ed.). SAGE Publications, Inc.
Nengrum, T. A., Solong, N. P., & Iman, M. N. (2021, Maret). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, Vol. 30(No. 1), 1 - 12.
Niani, C. R., & C. R. (2020, Oktober). Analisis Kendala Sistem Belajar Daring Terhadap Pembelajaran Matematika di Kampus. Math Educa Journal, 4(2), 114 - 122. Retrieved from : http://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/matheduca
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), Vol. 7 No. 2, 124-132.
Nursalikah, A. (2018, 11 12). Pendidikan. Jumlah Mahasiswa Indonesia Masih Sedikit. Retrieved from https://republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/18/11/12/pi2o7r366-jumlah-mahasiswa-indonesia-masih-sedikit
Pratiwi, E. W. (2020, April). Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan TInggi Kristen di Indonesia. Pespektif Ilmu Pendidikan, Vol. 34(No. 1), 1 - 8. doi:http://doi.org/10.21009/PIP.341.1
Rahayu, R. (2020). Analisis Tingkat Kesiapan Perguruan Tinggi dan Tingkat Kepuasan Pengguna dalam Implementasi E-Learning System Sebagai Dampak dari Pandemi Covid 19. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, Vol. 10(No. 2), 93 - 105. Retrieved from http://:ejournal.unp.ac.id/index.php/jipe
Rao, V. S. (2019). Blended Learning:A New Hybrid Teaching Methodology. Journal For Research Scholars and Professionals of English Language Teaching, Vol.3 (Issue 13), 1-6.
Rigianti, H. A. (2020, Juli). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, Volume 7(Nomor 2), 297 - 302.
Rosali, E. S. (2020, Juni). Aktifitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Explored Journal, Volume 1(Nomor 1), 21 - 30. Retrieved from http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/index
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Volume 6(Nomor 02), 214 - 224. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/biodik
Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas. (2020, Februari). Pelatihan E-learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya, Vol. 4(No. 1), 108-117.
Suhery, Putra, T. J., & Jasmalinda. (2020, Agustus). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan, Vol. 1(No. 3), 129 - 132.
Sumarno. (2020). Adaptasi Sekolah Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SMP Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan). Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, Volume I(No. 2), 149 - 162.
Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020, Oktober). Tantangan Pembelajaran Daring di Indonesia. Kelola: Journal of Islamic Education Managementt, 5, 89-98.
Vera, N. (2020, Desember). Strategi Komunikasi Dosen dan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. AVANT GARDE: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 08(No. 02), 165-177.
Wahyuni, S. (2018, November). Persepsi Mahasiswa tentang Gaya Mengajar Dosen dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, Vol. 8(No. 2), 113 - 121. Retrieved from http://:ejournal.unp.ac.id/index.php/jipe
Widharyanto, B., & Binawan, H. (2020, Juni). Learning Style and Language Learning Strategies Of Students From Various Ethnics In Indonesia. Cakrawala Pendidikan, Vol. 39(No. 2), 480-492. doi:10.21831/cp.v39i2.28173
Yokhebed. (2019). Profil Kompetensi Abad 21: Komunikasi, Kreatifitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis Pada Calon Guru Biologi. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, Volume 8(Nomor 2), 94-97.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi manajemen, Volume 4(Nomor 1), 37 - 45.
Article Metrics
Abstract Views : 3825 timesPDF Downloaded : 1044 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.