Gambaran Kompetensi Pendidik dalam Pengelolaan Pembelajaran Ekonomi di Era Pandemi Covid-19

Anindita Trinura Novitasari(1), Ruski Ruski(2), Ika Lis Mariatun(3),
(1) STKIP PGRI Bangkalan  Indonesia
(2) STKIP PGRI Bangkalan  Indonesia
(3) STKIP PGRI Bangkalan  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/011121330

Full Text:    Language : id

Abstract


This research is conducted to understand the pedagogical techniques used in the learning of economics in STKIP PGRI Bangkalan. It applies quantitative descriptive method to recognize the percentage of respondents’ responses to each learning pedagogical variable indicator. This research found that during pandemic the learning pedagogy implemented by each lecturer of economics education program is categorized as very good. This is indicated by the percentage each indicator gained. The learning patterns of virtual classes have been in compliance with pedagogical techniques where students are given freedom to seek and get insights through guidance, direction and assistance the lecturers have provided. They function as motivator, facilitator and advisor in order to make students’ more confident to take decisions in understanding the materials given during the interactive virtual class. These pedagogical techniques have given students chances to understand cognitive, affective and psychomotor aspects simultaneously so that the learning becomes more effective.

Keywords


Pedagogy, Pandemic, Virtual

References


Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.

Alhakim, S. (2015). Pengantar studi masyarakat Indonesia. Madani.

Asikin, M. (2008). Pengaruh model pembelajaran matematika creative problem solving (CPS) berbantuan CD interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMA kelas X. Lembaran Ilmu Kependidikan, 37(1).

Balqis, P. et. a. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2(1), 25–28.

Bistari, B. (2017). Konsep dan indikator pembelajaran efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2), 13–20.

C, Brilliannur, et. a. (n.d.). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, E-ISSN : 2721-7957.

Esi, et. a. (n.d.). Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil belajar di Kelas XI SMK. Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN.

Fuady, M. J. (2017). Pengembangan aplikasi evaluasi pembelajaran online untuk pendidikan jarak jauh. Tekno, 26(2).

Hadijah, S., & Surya, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Trade a Problem Terhadapkemampuanpemecahan Masalah Siswakelas Viiimtsntanjung Pura Materikubus Dan Balok Ta 2013/2014. AdMathEdu, 6(1), 56964.

Hertiavi, M. A. d, Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).

Kalu, M, et. a. (2016). Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Sekolah dasar yang tersertifikasi pada Pembelajaran Sains. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 5(3).

Kristin, F. (2017). Keberhasilan Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Keaktifan Dalam Perkuliahan Dengan Menggunakan Pembelajaran Active Learning. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 405–413.

Kurniawan, K & Astuti, A. (n.d.). Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru dan Calon Guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang.

Meutia, V & Mursita, R. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Kelas dalam Pembelajaran peserta Didik Tunarungu. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1).

Mudhlofir, A &Rusydiyah, E. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif dari teori ke praktik. Rajawali Pers.

Muhfahroyin, M. (2010). Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 16(1), 88–93.

Nasution. (2012). Kurikulum dan Pengajaran. Bumi Aksara.

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9–16.

Nurmalasari, R., Dian, R., Wati, P., Puspitasari, P., Diana, W., & Dewi, N. K. (2016). Peran guru dalam implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Berkala Program Pascasarjana UM Malang, 722–733.

OKNARYANA, O., MARNA, J. E., & ZULVIA, Y. (2020). Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi Dalam Menghadapi Era Pendidikan 4.0 Di Kota Padang. Manajemen Dan Kewirausahaan.

Pengembangan Emotional Intelegence dalam Pembelajaran Ekonomi di SMK untuk Mempersiapkan Peserta Didik dalam enghadapi Tantangan Kerja di Era Globalisasi.

Pujiadi, M. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) berbantuan CD Interaktif. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, 37(1).

Purwandari, D. (n.d.). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Proses Pembelajaran di Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahman, A. (2018). Urgensi Pedagogik dalam Pembelajaran dan Implementasinya dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 49–54.

Rozaq, A. (2014). Interaksi Pembelajaran Efektif untuk Berprestasi. Jurnal PILAR, 2(2).

Setemen, K. (2010). Pengembangan evaluasi pembelajaran online. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3).

Setyosari, P. (2017). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30.

Sinambela, P. N. J. M. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2).

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(Http://Smacepiring. Wordpress. Com).

Suhardiyanto, A. (2009). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivistik. Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(1).

Sundawan, M. D. (2016). Perbedaan model pembelajaran konstruktivisme dan model pembelajaran langsung. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 16(1).

Uno, H. B., Atmowidjoyo, S., & Lamatenggo, N. (2018). Pengembangan kurikulum rekayasa pedagogik dalam pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Utami, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Dasar Sinyal Video. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 424–431.

Wedi, A. (2017). Konsep dan Masalah Penerapan Metode Pembelajaran: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran melalui Konsistensi Teoretis-Praktis Penggunaan Metode Pembelajaran. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 21–28.

Widodo, S. (2016). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Melalui Isu-Isu Sosial Ekonomi Pasca Penggenangan Waduk Jatigede Dalam Pembelajaran Ips Di Smpn 2 Wado Kabupaten Sumedang Kelas VIII C. International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(2), 275–288.

Yusuf, B. (2017). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2).


Article Metrics

 Abstract Views : 429 times
 PDF Downloaded : 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.