Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Bimbingan Belajar Online
(1) Univeritas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/011085130
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Byun, S. Y., & Park, H. (2012). The academic success of East Asian American Youth: The role of shadow education. Sociology of Education, 85(1), 40–60. https://doi.org/10.1177/0038040711417009
Eriany, P., Hernawati, L., & Goeritno, H. (2014). Studi deskriptif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi mengikuti kegiatan bimbingan belajar pada siswa smp di semarang. Psikodimensia, 13(1), 115.
Harususilo, Y.E. (2019). 4 Alasan Banyak Les Justru Sebabkan Anak Tidak Berhasil. Available at: https://edukasi.kompas.com/read/2019/04/20/22190251/4-alasan-banyak-les-justru-sebabkan-anak-tidak-berhasil?page=all . Diakses pada 4 Januari 2020.
Haryanto, E. (2013). Peran Orang Tua dalam Upaya Mencapai Nilai Ketuntasan Anak Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri 34 Kecamatan Pontianak Selatan (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Intan, R. (2015). Pengaruh kemampuan kognitif dan penghargaan terhadap kinerja guru lembaga bimbingan dan konsultasi belajar nurul fikri di Jakarta. Universitas Islam" 45" Bekasi.
Loyalka, P., & Zakharov, A. (2016). Does shadow education help students prepare for college? Evidence from Russia. International Journal of Educational Development, 49(2016), 22–30. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2016.01.008
McVey, M. (2012). Shadow education: Private supplementary tutoring and its implications for policy makers in Asia. In International Review of Education (Vol. 58, Issue 6). https://doi.org/10.1007/s11159-012-9324-2
Saidi, S. (2017). Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar Dan Yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Siswa Kelas Xii Ips Mata Pelajaran Ekonomi SMA Sinar Pancasila Balikpapan. Intelegensia, 1(2).
Sopiyudin, D. (2010). Besar sampel dan cara pengambilan sampel. Jakarta: Salemba Medika.
Subkhan, E. (2019). Mengapa adanya jasa bimbel bisa sulitkan pemerintah ketahui kualitas pembelajaran yang sebenarnya di sekolah. Available at: https://theconversation.com/mengapa-adanya-jasa-bimbel-bisa-sulitkan-pemerintah-ketahui-kualitas-pembelajaran-yang-sebenarnya-di-sekolah-115012. Diakses pada 12 Desember 2019.
Sudjana, N. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito, 168.
Sukandi,G. Bimbel Jadi Trend, Tugas Guru HanyaBeri Nilai Rapor?. Available at: https://bebaspedia.com/opini/bimbel-jadi-trend-tugas-guru-hanya-beri-nilai-rapor/. Diakses pada 3 Januari 2020.
Tebuana, K.A. (2016). Fenomena Bimbingan Belajar Masa Kini. Available at: http://arytebuana.web.ugm.ac.id/2016/10/31/fenomena-bimbingan-belajar-masa-kini/ . Diakses pada 11 Januari 2020.
Yunanda, A. D. (2018). Pengaruh Artis Iqbaal Ramadhan Sebagai Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness Ruang Guru. Com (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BAKRIE).
Yung, K. W., & Bray, M. (2018). Shadow education : Features , expansion and implications Shadow education Features , expansion and implications. Shadow Education: Features, Expansion and Implications. In T. K. C. Tse & M. Lee (Eds.), Making Sense of Education in Post-Handover Hong Kong: Achievements and Challenges (Pp. 95-111). London: Routledge., January 2017, 95–111.
Article Metrics
Abstract Views : 2148 timesPDF Downloaded : 843 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.