Abstract


Video profile adalah penjelasan mengenai sebuah perusahaan yang secara lengkap memaparkan berbagai aspek perusahaan tersebut. Redesain video profile Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika dilakukan karena pada perancangan video profile sebelumnya tidak memenuhi keinginan pihak BALITBU TROPIKA dalam hal publikasi dan promosi institusinya karena masih terdapat kekurangan dibeberapa bagian. Berdasarkan hal tersebut diperlukan sebuah video yang dapat mengakomodir keinginan pihak BALITBU TROPIKA serta target audience video tersebut dengan rumusan masalah yaitu bagaimana merancang ulang video profile yang ada menjadi video profile baru dengan konten video yang dibuat lebih menarik dan komunikatif, sehingga tujuan dan sasaran dari video profile dapat tercapai.


Tujuan perancangan ini adalah memberikan informasi mengenai Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika serta memaparkan hasil penelitian yang dilakukan institusi penelitian tersebut mengenai penelitian pertanian buah tropika kepada masyarakat umum. Selain perancangan media utama yaitu video profile, juga terdapat media pendukung seperti poster, kartu nama, stiker, tumbler, gantungan kunci, x-banner, cover CD, label CD dan baju kaos.


Metode analisis SWOT digunakan untuk memecahkan masalah yang terdapat dalam video profile sebelumnya dan menganalisa masalah tersebut dengan mencari kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman pada video tersebut. Hasil analisa akan dimasukkan dalam perancangan video profile selanjutnya sehingga hasil redesain video profile Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika lebih efektif, komunikatif, dan menarik.


Kata kunci: Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, video profile, Redesain