Evaluasi Manajemen Program Pendidikan Aisyiyah dalam Tumbuh Kembang Anak Usia Dini
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka  Indonesia
(3) Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA,  Indonesia
(4) Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  Indonesia
(5) Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v13i2.131021
Full Text: Language : id
Abstract
Pengembangan pendidikan Aisyiyah melalui Pendidikan Anak Usia Dini mempunyai peran krusial dalam membentuk karakter, moral, dan kecerdasan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis manajemen pendidikan Aisyiyah yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak usia dini dan peranan organisasi Aisyiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, bendahara sekolah, guru, komite, siswa, ketua Cabang Aisyiyah Serpong Utara, Tangerang Selatan. Teknik pegumpulan data dengan snow ball, observasi mendalam, interview dan triangulasi. Keabsahan data dengan 7 Langkah: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, member check, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menemukan bahwa manajemen program pendidikan Aisyiyah di TK Islam Ananda telah berjalan dengan baik, mencakup aspek konteks, input, proses, dan produk, meskipun kerja sama pada aspek konteks perlu ditingkatkan, sementara implementasi pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam telah memenuhi kriteria pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui koordinasi struktural dan berkala dengan kelembagaan Aisyiyah.
Keywords
References
Ambarita, J., Yuniati, E., & Purnamasari, I. (2021). Problematika orang tua dalam menjalankan perannya sebagai guru bagi anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1819–1833. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1358
Aneza, I., Inayah, A. N., Nursifah, F., Nursaripah, S., & Laksono, B. A. (2023). Evaluasi program pendidikan anak usia dini berbasis model CIPP (context input process product evaluation) di PAUD Kober Nurul Anwar. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 5(2), 18–32.
Anhusadar, L. (2020). Persepsi mahasiswa PIAUD terhadap kuliah online di masa pandemi Covid-19. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak. Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Aulia, R. (2018). Peran perempuan dalam organisasi Aisyiyah. Holistic Al-Hadis, 4(2), 67–73. https://doi.org/10.32678/holistic.v4i2.3227
Chamidah, A. N. (2012). Deteksi dini gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Jurnal Pendidikan Khusus, 1(3).
Hijriyani, Y. S., & Andriani, F. (2023). The role of Islamic parenting in building self-regulated learning ability for early children. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(1), 33–40. https://doi.org/10.24014/kjiece.v6i1.22277
Palupi, I. D. R. (2017). Pengaruh media sosial terhadap perkembangan kecerdasan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(2), 127–134.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022). Standar isi pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah. Permendikbud Ristekdikti RI Nomor 7 Tahun 2022.
Khadijah, W. N. S., Nasution, P. I. S., & Indriati, T. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak di RA Rantau Prapat Kabupaten Labuhan Batu. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 1349–1358.
Khamidun. (2013). Environmentally awareness behaviour increase in early childhood using story telling method. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 1(1), 32–36.
Ibrahim, M. (2018). Penelitian evaluasi bidang pendidikan (Pendekatan kualitatif). Alauddin University Press.
Marlina, S., Pransiska, R., & Qalbi, Z. (2021). Analisis kurikulum pendidikan Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Padang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 844–855. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1143
Mutmainnah, M. (2019). Lingkungan dan perkembangan anak usia dini dilihat dari perspektif psikologi. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 5(2), 15. https://doi.org/10.22373/equality.v5i2.5586
Netriwinda, N., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Evaluasi program pendidikan PAUD holistik integratif dengan model CIPP di Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunuang Omeh. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2343–2352.
Rahayu Kusuma, A., & Mukminin, A. (2020). Self-help abilities of children age 4-5 years viewed from preschool education. Early Childhood Education Papers, 9(2), 121–128. https://doi.org/10.15294/belia.v9i2.36853
Rahmatunnisa, S., & Ragil, Y. A. (2024). Pengaruh implementasi CD interaktif edukatif terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan pendekatan 4P. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 21–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5319
Saipudin, A. (2013). Problematika pendidikan anak usia dini di Indonesia. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–15.
Setianingsih, S., Syaharuddin, S., Sriwati, S., Subroto, W., Rochgiyanti, R., & Mardiyani, F. (2021). Aisyiyah: Peran dan dinamikanya dalam pengembangan pendidikan anak di Banjarmasin hingga tahun 2014. PAKIS: Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.20527/pakis.v1i1.3188
Siyami, K., & Zaharuddin. (2023). Peran guru dalam mengembangkan nilai moral agama anak usia dini. Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 25–29. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i1.37
Stufflebeam, D. L. (2007). CIPP evaluation model checklist. In Evaluation (Second ed.). Evaluation Checklists Project. www.wmich.edu/evalctr/checklists
Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2007). Evaluation theory, models, and applications. Jossey-Bass.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Penerbit Alfabeta.
Suryana, A. N., Hamdan, A., & Karwati, L. (2018). Evaluasi program pendidikan anak usia dini (PAUD) di PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 6–10.
Syarnubi. (2019). Guru yang bermoral dalam konteks sosial, budaya, ekonomi, hukum, dan agama. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 21–40.
Veronica, N. (2018). Permainan edukatif dan perkembangan kognitif anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–55. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Article Metrics
Abstract Views : 31 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 28 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.