Abstract


Pengembangan pendidikan Aisyiyah melalui Pendidikan Anak Usia Dini mempunyai peran krusial dalam membentuk karakter, moral, dan kecerdasan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis manajemen pendidikan Aisyiyah yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak usia dini dan peranan organisasi Aisyiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, bendahara sekolah, guru, komite, siswa, ketua Cabang Aisyiyah Serpong Utara, Tangerang Selatan. Teknik  pegumpulan data dengan snow ball, observasi mendalam, interview dan triangulasi. Keabsahan data dengan 7 Langkah: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, member check, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menemukan bahwa manajemen program pendidikan Aisyiyah di TK Islam Ananda telah berjalan dengan baik, mencakup aspek konteks, input, proses, dan produk, meskipun kerja sama pada aspek konteks perlu ditingkatkan, sementara implementasi pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam telah memenuhi kriteria pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui koordinasi struktural dan berkala dengan kelembagaan Aisyiyah.


Keywords


pendidikan anak usia dini; manajemen program pendidikan; evaluasi program pendidikan