Analisis Data Systematic Literature Review Manajemen Pembelajaran Bahasa

Delli Sabudu(1), Anuardin Mokoagow(2),
(1) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(2) Universitas Negeri Manado  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v13i1.128132

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini mengkaji tren penelitian terkait manajemen pembelajaran bahasa dalam konteks pendidikan yang terus berkembang di Indonesia. Pendekatan sistematik literature review digunakan untuk menganalisis 100 artikel jurnal nasional yang terindeks Google Scholar dan CrossRef, dengan menggunakan software Publish or Perish (PoP) dan VOSviewer untuk visualisasi data. Hasil analisis menunjukkan bahwa penelitian tentang manajemen pembelajaran bahasa cenderung meningkat dalam rentang publikasi tahun 2018 hingga 2023, dengan penelitian terkait bahasa Arab dan Inggris sering dilakukan dalam 3 tahun terakhir. Cluster analisis menemukan bahwa topik-topik bahasa Arab dan bahasa Inggris mendominasi, sementara penelitian bahasa Arab juga menunjukkan tren peningkatan. Keterbatasan studi ini termasuk fokus pada jurnal nasional Indonesia dan ketersediaan data yang terbatas. Rekomendasi untuk penelitian masa depan adalah memperluas cakupan data dengan melibatkan sumber internasional, mengeksplorasi manajemen pembelajaran bahasa pada bahasa lainnya, serta meneliti aspek-aspek seperti metode pembelajaran dan media yang digunakan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman dan pengembangan praktik terbaik dalam manajemen pembelajaran bahasa untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di era pendidikan yang dinamis

Keywords


Manajemen Pembelajaran Bahasa; Trend Pembelajaran Bahasa; Perkembangan pembelajaran bahasa

References


Akbari, M. A., & Satriadi, S. (2021). Manajemen Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab di MTSN 4 Tanjung Jabung Timur Jambi. Shaut Al Arabiyyah, Vol. 9, p. 222. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. https://doi.org/10.24252/saa.v9i2.24174

Alfianor, A. (2022). Manajemen kurikulum bahasa arab di madrasah aliyah normal islam putera rakha amuntai. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, Vol. 5, p. 139. Sekolah Tinggi Ilmu Qur an Amuntai. https://doi.org/10.35931/am.v5i1.881

Amrullah, F. A. (2021). Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana.

Arbainsyah, A., Wasliman, I., & Dianawati, E. (2023). Manajemen pembelajaran bahasa inggris untuk meningkatkan literasi berbahasa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), Vol. 8, p. 24. Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy. https://doi.org/10.29210/30032503000

Arifin, I. (2023). Manajemen Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Langsung Melalui Metode Multiple Choice Digital Questions Terhadapa Perkembangan Bahasa Arab. Jurnal Sosial Teknologi, Vol. 3, pp. 132–138. Green Publisher. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v3i2.649

Arsyad, Y., Heriyanti, H., Musdalifah, A., Fadhilah, A. N., & Hardianti, R. (2023). Pendampingan Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD YPK Elim Malanu Sorong Melalui Pembelajaran Kooperatif. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 5(2), 22–27.

ARYANIKA, S. (2016). MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS: Studi pada Kelas Unggulan SMA Negeri I Metro Lampung. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 6. Raden Intan State Islamic University of Lampung. https://doi.org/10.24042/alidarah.v6i1.792

Azmi, K. (2022). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Di LPQ Tahfidzul Qur’an Ar-Rahman. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, Vol. 1, pp. 73–87. STAI Nurul Iman. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i1.12

Badrudin, B. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis TIK di Madrasah Aliyah Daarul Uluum Majalengka. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 2, pp. 155–167. Al-Jamiah Research Centre. https://doi.org/10.14421/manageria.2017.21-08

Efendi, R., Arsyad, A., & Munir, M. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Nurul Fikri Makassar. Shaut Al Arabiyyah, Vol. 9, p. 202. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. https://doi.org/10.24252/saa.v9i2.23034

Farhad, & Sa’diyah, M. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al Kahfi Bogor). Rayah Al-Islam, Vol. 5, pp. 600–614. STIBA Arraayah Sukabumi. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.487

First, E. (2023). English Proficiency Index. Retrieved from https://www.ef.co.id/epi/regions/asia/indonesia/

Hadi, S., Tjahjono, H. K., & Palupi, M. (2020). Systematic Review: Meta-Sintesis untuk Riset Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Vivavictory.

Harmanto, B. (2016). Manajemen pembelajaran bahasa inggris di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah kategori unggul (analysis best practice pengajaran bahasa inggris untuk anak). Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 3, pp. 16–23. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.91

Hartanto, D. D., & Triyono, S. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Jawa Menggunakan Moda Besmart UNY. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, Vol. 9, pp. 122–136. Universitas Negeri Semarang. https://doi.org/10.15294/piwulang.v9i2.47841

Hasan, A. W., & Hilmi, D. (2022). Manajemen Pelaksanaan Program Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Surabaya. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, Vol. 7, pp. 75–90. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ibnu Sina Malang. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v7i1.4602

Hidayat, A. (2023). Manajemen Pembelajaran Online dalam Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Bahasa Inggris Mahasiswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, Vol. 4, pp. 553–563. Lembaga Intelektual Muda Maluku. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.194

Hidayat, M. Y. (2018). Manajemen mutu kurikulum dan pembelajaran bahasa arab. At-Turats, Vol. 11, p. 113. IAIN Pontianak. https://doi.org/10.24260/at-turats.v11i2.883

IMANUSSA’ADAH, Q. N. U. R., & Tanfidiyah, N. (2023). Penggunaan media big fun di sentra bilingual dalam pengembangan kemampuan berbahasa inggris anak usia 5-6 tahun di ta-tk al-azhar syifa budi solo tahun ajaran 2022/2023. UIN RADEN MAS SAID.

Imtikhany, L. N., & Maslamah. (2022). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Karanganyar. Rayah Al-Islam, Vol. 6, pp. 163–173. STIBA Arraayah Sukabumi. https://doi.org/10.37274/rais.v6i2.616

Julianto, I. R., & Umami, A. S. (2023). Peranan Guru Dalam Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Samasta.

Kurniawan, A.-. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Nageri 11 Kabupaten Cirebon. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 10, p. 93. IAIN Syekh Nurjati Cirebon. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v10i1.8166

Mar, N. A., & Hilmi, D. (2021). Manajemen program pembelajaran bahasa Arab pada anak prasekolah Yayasan PAUD Sultan Qaimuddin di Kendari. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol. 9, pp. 1–10. Universitas Negeri Yogyakarta. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36943

Maruf, Z., Yusri, Y., Hutagalung, G. U., Rohliah, L., & Lestari, P. (2023). PELATIHAN TOEFL DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ QUR’AN PALEMBANG. Jurnal Abdimas Bencoolen, 1(2), 32–38.

Mashuri, M., & Hasanah, E. (2021). Manajemen pembelajaran bahasa inggris dalam meningkatkan hasil belajar siswa saat pandemi COVID-19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2), 227–234. Retrieved from https://www.diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/174/112

Mika, M. A., & Mardiana, N. (2023). Edukasi Pentingnya Bahasa Inggris Di Era Globalisasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 246–251.

Mu’alifah, S. (2021). Manajemen sarana dan prasarana pembelajaran bahasa arab di MAN 3 Tulungagung. Akademika : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 3, pp. 52–67. Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang. https://doi.org/10.51339/akademika.v3i1.300

Mufarikhin, A., Musyafak, A., & Munir, M. M. (2022). Manajemen pembelajaran bahasa arab di madrasah tsanawiyah salafiyah kenduren wedung demak. An-Nuur, Vol. 12. Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu. https://doi.org/10.58403/annuur.v12i2.153

Musthofa, T., Setiyawan, A., & Sodiq, M. J. (2018). Manajemen Pembelajaran Bahasa Berbasis Integrasi-Interkoneksi Menuju World Class University. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 1, pp. 115–135. Al-Jamiah Research Centre. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.11-07

Muthiah, M., Afiah, L., & Hilmi, D. (2020). Manajemen Pengorganisasian Lembaga Pembelajaran Bahasa Asing Mayantara School. Tarling : Journal of Language Education, Vol. 3, pp. 229–244. UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri. https://doi.org/10.24090/tarling.v3i2.2792

Putri, W. N. (2022). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Arab Peserta Didik MTs N 4 Sragen. Jurnal Ihtimam, Vol. 5, pp. 1–11. STAI Masjid Syuhada Yogyakarta. https://doi.org/10.36668/jih.v5i1.365

R, A. H. A., Rozi, F., & Andira, S. F. (2023). Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard 3d. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Vol. 8, pp. 69–81. Universitas Widya Gama Mahakam. https://doi.org/10.24903/jw.v8i1.1207

Rahman, A. S. (2022). MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MAHASISWA ASING. Vol 12 No 1 (2022): Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, Vol. 12, pp. 66–82. Universitas Pasundan. https://doi.org/10.23969/literasi.v12i1.4896

Rasyid, A. (2023). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di Mts. Ukazh: Journal of Arabic Studies, Vol. 4, pp. 32–38. STIBA Arraayah Sukabumi. https://doi.org/10.37274/ukazh.v4i1.704

Rokim, R., Muhlis, N. K., & Fathih, M. A. (2023). MANAJEMEN PROGRAM PEMBELAJARAN MARKAS BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-KHOIROT MALANG. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 7, pp. 281–290. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. https://doi.org/10.24252/idaarah.v7i2.35486

Rukajat, A. (2018). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Salamah, U. (2015). Manajemen Pembelajaran Bahasa Indonesia Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Dan Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung (Studi Komparatif). JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), Vol. 1, p. 80. Universitas Ahmad Dahlan. https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a1491

Tamaji, S. T. (2021). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Smp Al-Izzah Internasional Islamic Boarding School Batu. Al-Fakkaar, Vol. 2, pp. 22–39. Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. https://doi.org/10.52166/alf.v2i1.2335

Umam, I., Hasin, M., & Arifa, Z. (2019). Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Markaz Bahasa Arab Darul Lughah Waddirasat Islamiyah. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, Vol. 21, p. 43. IAIN Metro Lampung. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i01.1376

Wahyuningsih, E., Tiara, H., & Wahyuningsih, E. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Google Classroom Di Smk Muhammadiyah 01 Palembang. Jurnal Ihtimam, Vol. 4, pp. 1–11. STAI Masjid Syuhada Yogyakarta. https://doi.org/10.36668/jih.v4i1.244

Wijaya, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek. AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, Vol. 1, pp. 1–18. Universitas Nurul Jadid. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i1.24

Yanto, M. (2018). Manajemen dan Mutu Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 4 Rejang Lebong. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, Vol. 2, p. 71. STAIN Curup. https://doi.org/10.29240/jsmp.v2i1.388

Zuliana, E., Istiani, A. N., & Koderi, K. (2022). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Virtual Class (VC) Berbasis Aplikasi Edmodo pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, Vol. 5, p. 18. IAIN Metro Lampung. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v5i01.5058


Article Metrics

 Abstract Views : 21 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.