Abstract
Penelitian ini mengkaji tren penelitian terkait manajemen pembelajaran bahasa dalam konteks pendidikan yang terus berkembang di Indonesia. Pendekatan sistematik literature review digunakan untuk menganalisis 100 artikel jurnal nasional yang terindeks Google Scholar dan CrossRef, dengan menggunakan software Publish or Perish (PoP) dan VOSviewer untuk visualisasi data. Hasil analisis menunjukkan bahwa penelitian tentang manajemen pembelajaran bahasa cenderung meningkat dalam rentang publikasi tahun 2018 hingga 2023, dengan penelitian terkait bahasa Arab dan Inggris sering dilakukan dalam 3 tahun terakhir. Cluster analisis menemukan bahwa topik-topik bahasa Arab dan bahasa Inggris mendominasi, sementara penelitian bahasa Arab juga menunjukkan tren peningkatan. Keterbatasan studi ini termasuk fokus pada jurnal nasional Indonesia dan ketersediaan data yang terbatas. Rekomendasi untuk penelitian masa depan adalah memperluas cakupan data dengan melibatkan sumber internasional, mengeksplorasi manajemen pembelajaran bahasa pada bahasa lainnya, serta meneliti aspek-aspek seperti metode pembelajaran dan media yang digunakan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman dan pengembangan praktik terbaik dalam manajemen pembelajaran bahasa untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di era pendidikan yang dinamis
Keywords
Manajemen Pembelajaran Bahasa; Trend Pembelajaran Bahasa; Perkembangan pembelajaran bahasa