Manajemen Pendidikan Inklusi Anak Usia Dini

Muhammad Yusri Bachtiar(1), Delyana Amalda(2), Rusmayadi Rusmayadi(3),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Makassar  Indonesia
(3) Universitas Negeri Makassar  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v13i1.127321

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran manajemen pendidikan inklusi anak usia dini di TK Zivana Montessori Makassar. Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru reguler, guru pembimbing khusus, orang tua anak reguler dan anak berkebutuhan khusus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Zivana Montessori menonjolkan filosofi inklusi dengan mengakui setiap anak sebagai individu unik. Visi-misi sekolah menekankan prinsip-prinsip inklusi dengan fokus pada pembentukan karakter, moralitas, dan kecerdasan anak. Manajemen inklusi melibatkan prosedur penerimaan anak berkebutuhan khusus dan pengembangan kurikulum inklusi. Guru reguler memantau, menyesuaikan kurikulum, dan berkolaborasi dengan guru pembimbing khusus. Guru pembimbing khusus berperan  untuk mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus dan menyusun Program Perkembangan Individual serta ikut andil dalam proses pendampingan saat program tersebut dilaksanakan. TK Zivana Montessori memerlukan sarana dan prasarana yang mengakomodasi aksesibilitas bagi ABK. Media pembelajaran beragam yang mendukung kebutuhan khusus anak didik. Pembelajaran individual dengan filosofi Montessori dan pembelajaran kooperatif melibatkan anak berkebutuhan khusus dengan anak reguler. Evaluasi pembelajaran mencakup penilaian formatif dan sumatif untuk perkembangan holistik anak didik.


Keywords


Montessori; Anak Berkebutuhan Khusus; Anak Reguler

References


Adi, P. N. (2020). Pengembangan Media Audiovisual dalam Menerapkan Audiotory Verbal Theraphy (AVT) pada Anak Tunarungu di Sekolah Inklusi PAUD Situbondo. Journal of Special Education, 4(1), 37–42. https://doi.org/10.31537/speed.v4i1.324

Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. Jurnal Al-Tanzim, 04(01), 36–47. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.975

Anwar, R. S. (2022). Pengembangan Permainan Around the Zoo Sebagai Kegiatan Stimulusi Kecerdasan Kinestetik pada Autis Usia Dini di PAUD Inklusi Pelangi Harapan Ajung Jember Tahun Ajaran 2021/2022. Universitas Jember.

Ardhika, R., & Syaifuddin, M. (2023). Analisis Kebijakan Pemerintah Mengenai Sekolah Inklusif. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(8), 7247–7258. https://doi.org/10.47492/jip.v3i8.2394

Arzaqi, R. N., & Diana. (2019). The Learning Management For Children With Special Needs (Study In Efata PAUD, Semarang City). Early Childhood Education Papers (Belia), 8(2), 105–112.

Aslan. (2017). Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ). Jurnal Studia Insania, 5(2), 105–119. https://doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1358

Bachtiar, M. Y. (2020). Pembelajaran Berbasis Ramah Anak Taman Kanak-kanak di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Jurnal Instruksional, 1(2), 131–142. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.131-142

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1754

Bening, T. P., & Putro, K. Z. (2022). Upaya Pemberian Layanan Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Non-Inklusi. Jurnal Basicedu, 6(5), 9096–9104.

Desmita, D., Saam, Z., & AR, H. F. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Inklusi Ditinjau dari Fungsi Manajemen di SD Negeri 40 dan SD Negeri 117 Pekanbaru. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, 5(1), 22–29. https://doi.org/10.31258/jmppk.5.1.p.22-29

Fauziah, N., Binsa, U. H., & Putro, K. Z. (2023). PAUD Inklusi Berbasis Sekolah Ramah Anak (Studi Kasus: PAUD Aisyiyah Mutiara Bunda). Early Stage: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11.

Giovani, E. (2022). Peran Guru Dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusi di Paud Alam Mahira Kota Bengkulu. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Gusti, N. S. (2021). Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Setting Sekolah Menengah Atas di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Kependidikan, 7(3), 532–544. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3469

Hartadi, D. R., Dewantoro, D. A., & Junaidi, A. R. (2019). Kesiapan Sekolah dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Ortopedagogia, 5(2), 90–95.

Hastuti, I. B., Asmawulan, T., & Fitriyah, Q. F. (2022). Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain di PAUD Inklusi Saymara. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6651–6660. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2508

Hidayat, A. E., & Nuraeni, L. (2023). Pendidikan Inklusif: Peran Guru Pendamping di Taman Kanak-Kanak Marhamah Kiducition. Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif, 6(6), 565–569.

Hoesny, M. U., Imron, A., Agustina, L., Lestari, P. Y., & Suharto, R. P. (2021). Pelatihan dan Pengadaan Alat Tulis dan Media Pembelajaran di TK Al Fasha. Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, 8(2), 10–15. https://doi.org/10.33795/jppkm.v8i2.73

Ika, Handayani, A. D., Febrianti, L., & Maemunah, S. (2024). Media Pembelajaran Pendidikan Inklusi Sahabat Kecil Therapy & Learning Center di Medang. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 494–502. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.3707

Jusni, E., Fonsén, E., & Ahtiainen, R. (2023). An Inclusive Early Childhood Education Setting according to Practitioners’ Experiences in Yogyakarta, Indonesia. Education Sciences, 13(1043), 1–23. https://doi.org/10.3390/edusci13101043

Kadir, A. (2015). Penyelenggaraan Sekolah Inklusi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 03(01), 1–22. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.1-22

Lestari, P. F. D., & Sujarwanto. (2017). Manajemen Pendidikan Inklusif Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(4), 1–13.

Loka, N., & Putro, K. Z. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Program Inklusi. Jurnal Golden Age, 6(01), 151–159. https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i01.4623

Madyawati, L., & Zubadi, H. (2020). Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Inklusi. Insania, 25(1), 1–13.

Munajah, R., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1183–1190. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.886

Nelis, P., Pedaste, M., & Šuman, C. (2023). Applicability of the model of inclusive education in early childhood education: a case study. Frontiers in Psycology, July, 1–18. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1120735

Nisa, K., Purnamasari, R., & Azmi, N. N. (2022). Inclusive Education Management at Alam Jomin School. International Journal of Early Childhood Community Learning, 1(1), 90–94.

Pangestuti, S. T., & Darsinah. (2023). Pembelajaran Inklusi pada Anak Usia Dini: Bagaimana Sistem Pengelolaannya? Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3509–3518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4559

Shofa, M. F. (2018). Implementasi Manajemen Pendidikan Inklusi di Paud Inklusi Saymara Kartasura. Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 3(2), 107–123. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v3i2.1337

Stefani, F. D., & Samsiyah, N. (2020). Penerapan media pembelajaran flashcard mengenal kata untuk anak berkebutuhan khusus di kelas inklusi. GENRE, 2(2), 103–107. https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.2973

Usep, U., Wirahardja, I. S., Safarin, W., Rahmawat, S., & Susetyo, B. (2023). Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Melalui Eksperimen Dalam Pembelajaran Komposisi dan Dekomposisi Bilangan Bagi Anak Slow Leaner. Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 88–109. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i4.1443

Veranti, A. (2017). Studi Komparatif Manajemen Strategik Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Manajer Pendidikan, 11(6), 495–503.

Zahroh, S., & Umam, S. (2019). Pengembangan Sekolah Inklusi dan Pengaruhnya Terhadap Strategi Asesmen Anak Difabel. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 83–99. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5739


Article Metrics

 Abstract Views : 41 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.