Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran manajemen pendidikan inklusi anak usia dini di TK Zivana Montessori Makassar. Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru reguler, guru pembimbing khusus, orang tua anak reguler dan anak berkebutuhan khusus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Zivana Montessori menonjolkan filosofi inklusi dengan mengakui setiap anak sebagai individu unik. Visi-misi sekolah menekankan prinsip-prinsip inklusi dengan fokus pada pembentukan karakter, moralitas, dan kecerdasan anak. Manajemen inklusi melibatkan prosedur penerimaan anak berkebutuhan khusus dan pengembangan kurikulum inklusi. Guru reguler memantau, menyesuaikan kurikulum, dan berkolaborasi dengan guru pembimbing khusus. Guru pembimbing khusus berperan  untuk mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus dan menyusun Program Perkembangan Individual serta ikut andil dalam proses pendampingan saat program tersebut dilaksanakan. TK Zivana Montessori memerlukan sarana dan prasarana yang mengakomodasi aksesibilitas bagi ABK. Media pembelajaran beragam yang mendukung kebutuhan khusus anak didik. Pembelajaran individual dengan filosofi Montessori dan pembelajaran kooperatif melibatkan anak berkebutuhan khusus dengan anak reguler. Evaluasi pembelajaran mencakup penilaian formatif dan sumatif untuk perkembangan holistik anak didik.


Keywords


Montessori; Anak Berkebutuhan Khusus; Anak Reguler