Analisis Penerapan Model Pembelajaran Nested dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Negeri

Imelda Sari(1), Nur Ahyani(2), Dessy Wardiyah(3),
(1)   Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Palembang  Indonesia
(3) Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Palembang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v13i1.126959

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Nested dalam meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan komunikasi, dan kemampuan pengorganisasian siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru kelas VI di SD Negeri 237, 238, dan 239 Palembang sebagai populasi penelitian. Informan utama terdiri dari 10 orang guru kelas VI. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi kepustakaan, dengan keabsahan data diuji melalui triangulasi dan member check. Analisis data dilakukan menggunakan teknik kualitatif interaktif yang melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Nested telah berhasil meningkatkan partisipasi dan keterampilan berpikir siswa dalam pembelajaran IPA. Guru-guru telah menyusun silabus dan RPP sesuai dengan model tersebut, yang mendorong siswa menjadi lebih aktif dan terlibat dalam proses belajar. Namun, meskipun terdapat peningkatan partisipasi dan pemahaman, hasil belajar siswa masih belum memuaskan, dengan beberapa siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Monitoring oleh kepala sekolah dan pengawas mengidentifikasi bahwa selain model pembelajaran, faktor-faktor internal seperti kesehatan dan kesiapan siswa, serta faktor-faktor eksternal seperti dukungan keluarga dan lingkungan, juga mempengaruhi kualitas hasil belajar. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun model pembelajaran Nested efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir dan partisipasi siswa, peningkatan kualitas hasil belajar memerlukan perhatian terhadap faktor-faktor internal dan eksternal siswa


Keywords


Model Pembelajaran Nested; Keterampilan Pembelajaran

References


Ahyani, N., Fitria, H., Arafat, Y., Harapan, E., Rosani, M., Nurlina, N., … Widayatsih, T. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru SMA Negeri 3 Kayu Agung. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 3, 291–298.

Armini, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Nested dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Induksi Matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6, 113–128.

Asmar, A., & Suryadarma, I. G. P. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu model nested berbasis perahu phinisi untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan pengetahuan konseptual. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9, 565–578.

Ekawati, L. (2010). Pengaruh pembelajaran terpadu model nested terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa: studi penelitian eksperimen di SMP PGRI i Cipiutat.

Henita, N., Erita, Y., Fitria, Y., Yulia, R., & Nadia, D. O. (2023). Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Nested terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10, 334–342.

Jannah, N. (2023). Pengembangan Kurikulum Terpadu Berbasis Pyramid of Learning dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di SDIT Al Uswah Pamekasan. As-Suluk: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1, 33–48.

Kusuma, R. M., Wahidin, W., & Gloria, R. Y. (2015). Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Nested (Tersarang) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Konsep Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 5 Kota Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 4.

Nabila, A., Supartono, S., & Nurhayati, S. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Nested Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Hasil Belajar Siswa. Chemistry in Education, 6, 1–7.

Naini, S., Putri, D. M., Kiptiyah, A., & Rifki, M. (2023). Manajemen Kurikulum Terpadu dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa di SMP Muhammadiyah 06 Dau-Malang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6, 10749–10756.

Pulukadang, W. T. (2021). Pembelajaran Terpadu. Ideas Publishing.

Sari, A. S. E., Wardiah, D., & Nuranisa, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Projek Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X Sma Pgri 1 Palembang. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9, 43–50.

Slameto, B. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,(Jakarta: Rieneka Cipta, 2010), Cet. Ke-5, HDepartemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Jakarta: Balai Pustaka, 2007), Cet. Ke-4, H, 895.

Sofli, S., & Sudrajat, A. (2014). Peningkatan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran IPS Terpadu Model Nested di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1.

Wahdaniyah, N., & Yonata, B. (2021). Pengembangan LKPD Inkuiri Berpendekatan Nested Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 4, 19–29.


Article Metrics

 Abstract Views : 121 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.