Analisis Penerapan Model Pembelajaran Nested dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Negeri

Imelda Sari(1), Nur Ahyani(2), Dessy Wardiyah(3),
(1)   Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Palembang  Indonesia
(3) Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Palembang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v13i1.126959

Abstract


Pembelajaran terpadu model nested adalah model pembelajaran yang mengintegrasikan kurikulum di dalam satu disiplin ilmu secara khusus meletakkan fokkus pengintegrasian pada sejumlah keterampilan belajar yangn ingin dilatih oleh guru kepada siswanya dalam satu unit pembelajaran untuk ketercapaian materi pelajaran (content). Keterampilan-keterampilan belajar itu meliputi keterampilan berfikir (thinking skill), keterampilan social (social skill), dan keterampilan mengorganisasi (organizing skillMetode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penulisan yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya tentang objek yang diteliti, menurut keadaan yang sebenarnya pada saat penelitian langsung, unit analisisnya adalah organisasi yaitu Sekolah Dasar Negeri Alang-Alang Lebar Palembang, Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder, Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, studi kepustakaan, Aktivitas dalam analisis data yaitu reduksi data (reduction data), penyajian data (display data), dan verifikasi data/ kesimpulan (verification/ conclusion).


Keywords


Model Pembelajaran Nested; Keterampilan Pembelajaran

References


Ahyani.N ,Fitria.H ,Arafat.Y , Harapan.E ,Rosani.M ,Nurlina ,Mahasir , Widayatsih.T.(2023) .Pelatihan Tindakan Kelas pada Guru SMA Negeri 3 Kayu Agung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat .Volume 3 No.2 Januari (2023)

Alfarisy, F. (2020). Kajian Budaya: Kebijakan Bahasa di Tengah Pandemi Covid19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(3), 343–353. https://doi.org/10.14710/anuva.4.3.343-353.

Aminuddin. (2004). Pembelajaran Terpadu Sebagai Bentuk Penerapan Kurikulum 4004 Mata pelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Makalah Dalam seminar JBPS IKIP.

Armini,Aan. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Nested Dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Induksi Matematika.

Asmar*, A., & Suryadarma, I. G. P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Nested Berbasis Perahu Phinisi untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Pengetahuan.

Bachtiar, W., & Nazir, M. (2011). Metode Penelitian Dakwah. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8).

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP. (2011). Pendidikan IPA. Jakarta: Depdiknas.

Cindy.(2016). Metode Penelitian Pendidikan.

https://books.google.co.id/books?id=uTbMDwAAQBAJ.

Eka,Sari & Wardiah,Dessy.(2022) Pengaruh Model Pembelajaran Projek

Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X SMA PGRI 1 Palembang.ISNN 23555475 Halaman 43-50.Volume 9 No.1 Tahun (2022).

Depdikbud(1996:3).Pembelajaran Terpadu Tipe Nested ( Journal_edu.424,n.d)

E Marlina, S Ahmad,S Eddy (2020). Evaluasi Hasil Pembelajaran Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft Power Point.Jurnal Penelelitaian Pendidikan.ISNN: 2746 0738.Halaman 114-119. Volume 1 No.2 Tahun 2020.

Engel. (2014). Sugiyono 2012. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Forgarty (1991:28). Pembelajaran Terpadu Nested ( Keterampilan

Bepikir,Sosial dan mengorganisasi).

Handoko. (2000). Manajemen. Bandung: Remadja Rosda Karya.

Kencana, I. (2005). Pengantar Ilmu Pemerintahan. Bandung: Alfabeta.

Kusuma, RM .Maharani,.Wahidin,Gloria,Yulia,Ria.(2015) Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Nested (tersarang) untuk meningkatkan Literasi Sains Soswa Pada Konsep Ekosistem Di Kelas X SMA Negeri 5 Kota Cirebon.

L.Santi.Y,Arafat. H, Fitri (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Tanjung Raja.ISNN :23032952 .Jurnal Intektualita:Keislaman,sosial,sains.Volume 9 No.1 Tahun 2020.

M. T., Kumar, R. R., & Omments, (2021). Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Nabila A, Supartono,Nurhayati S (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Nested Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Hasil Belajar Siswa.Volume 6 No.1 Tahun 2017.

Pembelajaran Terpadu Tipe Nested | journal_edu.424. (n.d.). Retrieved May11,2023,from https://journal424.wordpress.com/2013/02/10/pembelajaran-terpadu-tipe-nested/.

Pengantar Kebijakan Publik - Google Books. (n.d.). Retrieved May 9, 2023,from https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Kebijakan_Publik/h7pvEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengantar+kebijakan+publik+oleh+hermanto+suaib&pg=PR3&printsec=frontcover.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.

Permendikbud No.65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.

Permendikbud No.67 Tahun 2003 tentang Kerangka dasar dan struktur kurikulum Sekolah Dasar / Madrasah ibtidaiyah.

Permendikbud No.81a Tahun 2013 tentang Implementasi kurikulum.

Rt.Maharani kusuma,Wahidin,RY Gloria (2015). Penerapan Pembekajaran Terpadu Tipe Nested (Tersarang) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Konsep Ekossistem di Kelas X Sma Negeri 5 Kota Cirebon.Jurnal Pendidika Sains Volume 4 No.2 (2015)

Samatowa. (2010). Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

S Sofli, A Sudrajat (2014). Peningkatan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Ips Terpadu Model Nested Di Smp Negeri 3 Banguntapan Bantul.

Sugiyono (2011) | Mendeley. (N.D.). Retrieved May 12, 2023, From Https://Www.Mendeley.Com/Search/?Page=1&Query=Sugiyono 2011&Sortby=Relevance.

Susanto A (2013:166) Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sd.

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu ( Kosep, Strategi, dan Implementasi dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Wahdaniyah,Noera & Yonata,Bertha .(2020). Pengembangan LKPD Inkuiri Berpendekatan Nested Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi.


Article Metrics

 Abstract Views : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.