Analisis regresi dalam menghitung pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru pada sekolah dasar negeri

Yahya Yahya(1), Weli Febrina(2), Wahyu Fitrina Defi(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) STAIN Mandailing Natal  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i2.125708

Full Text:    Language : id

Abstract


Berdasarkan prasurvey pada Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman, ditemukan bahwa kinerja guru masih rendah. Hal ini mungkin disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu diantaranya adalah kurang kondusifnya iklim sekolah yang berlangsung di SD Negeri Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru. Sampel penelitian ini adalah guru SD Negeri Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berjumlah 64 orang yang dipilih secara acak dari populasi yang berjumlah 178 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian ini dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kinerja guru dan iklim sekolah di SD Negeri Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman sudah berada pada kategori baik dengan tingkat capaian responden masing-masingnya adalah 81,64% dan 80,56% dari skor ideal. Selanjutnya untuk hasil uji hipotesis diketahui bahwa iklim sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru sebesar 3,3%.


Keywords


Lingkungan Fisik; Melaksanakan Pembelajaran; Kinerja Guru; Iklim Sekolah

References


Burhanudin. 2007. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Carudin, C. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Kerja Sekolah Terhadap Kinerja Guru. In Innovation of Vocational Technology Education (Vol. 7, Issue 2). Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Carudin, C., & Agus, K. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Sekolah Terhadap Kinerja Guru. In Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia (Vol. 1, Issue 1, pp. 30–37). Paguyuban Panalungtik Sunda.

Efrison. (2014). Kontribusi Iklim Komunikasi dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Koto. Tesis. Universitas Negeri Padang.

Gibson, James et. al. (2003). Organizations behavior stricture processes. New York: McGrow-Hill/Irwin.

Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi iklim sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460-466.

Kartowagiran, B. (2015). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). Cakrawala Pendidikan, 3 No 3.

Lailatussaadah, Dosen, Tarbiyah, F., Keguruan, D., & Ar-Raniry, U. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Vol. 3, Issue 1). Januari-Juni.

Lestari, R., Gistituati, N., Jasrial, & Syahril. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi 11(2), 83–90.

Mailool, J. (2020). The effects of principal’s decision-making, organizational commitment and school climate on teacher performance in vocational high school based on teacher perceptions. European Journal of Educational Research, 9(4), 1675–1687.

Timpe. 1993. Seri Manajemen sumber Daya Manusia (Kinerja/ Performance). Cet. 4 PT. Elek Media Computindo. Jakarta.

Yaman, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tunjangan Profesi Guru, dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kota Makassar. In Al-Musannif (Vol. 2, Issue 1, pp. 29–48). Sekolah Tinggi Agama Islam DDI Mangkoso.


Article Metrics

 Abstract Views : 90 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.