Abstract


Berdasarkan prasurvey pada Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman, ditemukan bahwa kinerja guru masih rendah. Hal ini mungkin disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu diantaranya adalah kurang kondusifnya iklim sekolah yang berlangsung di SD Negeri Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru. Sampel penelitian ini adalah guru SD Negeri Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berjumlah 64 orang yang dipilih secara acak dari populasi yang berjumlah 178 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian ini dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kinerja guru dan iklim sekolah di SD Negeri Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman sudah berada pada kategori baik dengan tingkat capaian responden masing-masingnya adalah 81,64% dan 80,56% dari skor ideal. Selanjutnya untuk hasil uji hipotesis diketahui bahwa iklim sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru sebesar 3,3%.


Keywords


Lingkungan Fisik; Melaksanakan Pembelajaran; Kinerja Guru; Iklim Sekolah