Analisis tanggapan kepuasan mahasiswa terhadap layanan pendidikan di perguruan tinggi

Bunyamin Bunyamin(1), Rismita Rismita(2),
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i2.125707

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap layanan pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif  dengan pendekatan survey. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa semester empat pada program studi magister administrasi pendidikan yang berjumlah 80 orang dan sampel penelitian berjumlah sebanyak 39 mahasiswa yang dilakukan dengan teknik sampel acak (Random sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form. Instrumen penelitian dirancang oleh Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, yang terdiri dari empat indikator yaitu: layanan terhadap dosen, layanan terhadap tenaga kependidikan, layanan terhadap pengelola, dan layanan terhadap sarana dan prasarana. Analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik berdasarkan skor yang diperoleh yang terbagi kedalam empat kelompok skor, yaitu sangat memuaskan, memuaskan, cukup memuaskan, dan kurang memuaskan. Hasil pengujian analisis data semua indikator memberikan nilai sangat memuaskan dengan nilai rata-rata sebesar 92,96. Tanggapan kepuasan mahasiswa terhadap layanan pendidikan di program studi administrasi pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA sudah sesuai harapan dengan melayani sepenuhnya atau daya tanggap yang cepat.


Keywords


Kepuasan layanan; Kualitas layanan; Layanan Pendidikan

References


Akbar, G. S. (2021). Mutu Lulusan Perguruan Tinggi ditinjau dari Kinerja Dosen dan Layanan Akademik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 06(1), 31–48.

Bapenas. Rancangan Akhir RPJN 2025-2045. , (2023).

Cecilia, Ma; Shek, D. T. L., & Li, P. (2016). Promoting Service Leadership through Service Leadership Learning among Chinese University Students. (December), 1–2.

Chanayotha, P., & Na-songkhla, J. (2015). Development of the Open Educational Rajabhat University Students Resources Using Service Learning to Enhance Public Consciousness and Creative Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 1976–1982. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.863

Craciun, C. S. (2010). The quality consulting services management in the university educational system. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 5586–5589. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.911

Harahap, Y., Makhdalena, M., & Zulkarnain, Z. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Dan Sarana Prasarana Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(1), 116. https://doi.org/10.31258/jmp.7.1.p.116-128

Idris, R., & Djafar, H. (2019). Analisis Kepuasan Mahasiswa Ditinjau Dari Kinerja Dosen Dan Fasilitas Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 301. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10014

Idrus, A. Al, Karnan, K., & Setiadi, D. (2019). Analisis Kesiapan Akreditasi Berbasis SAPTO Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2), 211–216. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.32

Junaris, S. A., Pd, M. I., & Haryanti, N. (2022). Manajemen Pemasaran Pendidikan Penerbit CV. Eureka Media Aksara.

Khalil, A. A., Ragheb, M. A., Ragab, A. A., & Elsamadicy, A. M. (2018). Effect of service quality on student satisfaction on SMEs: the case of private schools in Egypt. International Conference on Management and Information Systems, 1–12. Retrieved from https://ssrn.com/abstract=3315903

Lubis, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 29–36.

Manea, N. P. (2014). The Analysis of Perception of Master Students Regarding the Quality of Educational Services of Bucharest Universities. Procedia Economics and Finance, 15(14), 746–751. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(14)00451-1

Marthalina. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dan Kepuasan Mahasiswa di IPDN Kampus Jakarta. Jurnal MSDM, 5(1), 1–18.

Nabawi, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 170–183. https://doi.org/10.4324/9781315815725-26

Ningsih, N. L. A. P., Widari, D. A. P. N., & Artawan, I. M. (2020). Analisa Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 19(1), 24–29. https://doi.org/10.22225/we.19.1.1403.24-29

Nurahaju, R., & Widant, N. S. (2022). Deskripsi kepuasan mahasiswa sebagai konsumen terhadap layanan pendidikan pada universitas “X”di Surabaya. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 10(1), 1–9.

Nursaanjaya. (2019). Eksistensi pendidikan tinggi di Indonesia : Idealisme atau bisnis? NEGOTIUM: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(1), 21–33.

Prahesti, R. T., Ruliana, P., & Subarsa, K. Y. (2021). Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 234–244. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/1261

Prihastuti, E. S., & Daud, S. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Pada Universitas Swasta Di Bandar Lampung. Academy of Education Journal, 10(01), 76–99. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i01.273

Rita, P., Oliveira, T., & Farisa, A. (2019). The impact of e-service quality and customer satisfaction on customer behavior in online shopping. Heliyon, 5(10), e02690. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02690

Rokhani, S., & Marlianingrum, P. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Pembelajaran Daring Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(3), 291–310. https://doi.org/10.35508/jom.v14i3.5054

Ruslan. (2010). Kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(Oktober), 230–237. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/2723

Sari, M., Rachman, H., Juli Astuti, N., Win Afgani, M., & Abdullah Siroj, R. (2022). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953

Suharta, T. (2017). Pengembangan Instrumen Pengukur Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(2), 117–125. https://doi.org/10.21009/jep.082.07

Sukatin, Nuraini, Cahya Azzahra, A., Rahma Yunita, F., Fransiska, S., & Nafi, T. (2022). Manajemen pelayanan publik di pendidikan tinggi. Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 1(2), 70–78.

Syefudin, S. (2019). Pengaruh kualitas layanan akademik dan kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa Pascasarjana Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) Jakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 77–101.

Yuniarti, Y. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa program ekstensi fakultas ekonomi Universitas Jambi. Jurnal Ekonomi Trikonomika, 13(1), 49–61


Article Metrics

 Abstract Views : 100 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.