Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap layanan pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif  dengan pendekatan survey. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa semester empat pada program studi magister administrasi pendidikan yang berjumlah 80 orang dan sampel penelitian berjumlah sebanyak 39 mahasiswa yang dilakukan dengan teknik sampel acak (Random sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form. Instrumen penelitian dirancang oleh Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, yang terdiri dari empat indikator yaitu: layanan terhadap dosen, layanan terhadap tenaga kependidikan, layanan terhadap pengelola, dan layanan terhadap sarana dan prasarana. Analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik berdasarkan skor yang diperoleh yang terbagi kedalam empat kelompok skor, yaitu sangat memuaskan, memuaskan, cukup memuaskan, dan kurang memuaskan. Hasil pengujian analisis data semua indikator memberikan nilai sangat memuaskan dengan nilai rata-rata sebesar 92,96. Tanggapan kepuasan mahasiswa terhadap layanan pendidikan di program studi administrasi pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA sudah sesuai harapan dengan melayani sepenuhnya atau daya tanggap yang cepat.


Keywords


Kepuasan layanan; Kualitas layanan; Layanan Pendidikan