Analisis keterkaitan employer branding dan portofolio talent terhadap minat berkarier di sebuah perusahaan

Garrent Reivener Michael Hariyadi(1), MG Westri Kekalih Susilowati(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Katholik Soegijapranata  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i2.125381

Full Text:    Language : id

Abstract


Dibandingkan dengan komponen sumber daya alam, sumber daya manusia adalah aspek yang paling penting dari organisasi. Employer Branding memfasilitasi transformasi struktur manajemen organisasi, sehingga memfasilitasi proses rekrutmen. Oleh karena itu, Branding Perusahaan, yang salah satunya adalah GoJek menjadi sangat penting untuk menarik karyawan baru dan memastikan bahwa perusahaan akan memperoleh yang berkualitas. Hal ini menunjukan bahwa Branding perusahaan dalam perspektif talent berpengaruh terhadap minat talent tersebut untuk berkarir di dalamnya sebagai hipotesa pertama. Keinginan talent membangun portofolio, mendukung dirinya dalam melakukan pelamaran kerja dengan demikian semakin banyak portofolio, semakin besar jenis perusahaan yang akan dilamar oleh talent sebagai hipotesa kedua. Keterkaitan employer branding dan talent dengan minat berkarier telah dikaji secara teoritis, namun belum diadakan penelitian kepada start up seperti GoJek dengan talent mahasiswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui keadaan eksisting employer branding, portofolio talent, dan minat berkarier; serta membuktikan hipotesa di dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan studi kasus yang menggunakan data dari universitas Kota Semarang yang memiliki akreditasi A dengan sampel 117 mahasiswa. Data yang yang bersifat persepsional dikuantitaskan dengan menggunakan skala likert dan terbagi menjadi lima kategori penilaian, dengan analisis yang dilakukan analisis deskriptif kuantitatif dan regresi linear. Hasil regresi linear yang dilakukan menunjukan bahwa branding strategy memiliki pengaruh terhadap minat berkarier talent di Perusahaan GoJek sedangkan portofolio talent tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkarier. Oleh karena itu, Perusahaan GoJek perlu menjalankan strategi yang berfokus pada pengembangan karyawan, keterlibatan dengan komunitas, dan peningkatan layanan pelanggan.


Keywords


Branding Perusahaan; Minat Berkarier; Portofolio Talent

References


Ahmad, A., Khan, M. N., & Haque, M. A. (2020). Employer branding aids in enhancing employee attraction and retention. Journal of Asia-Pacific Business, 21(1), 27–38.

Al Hakim, Y. R., Irfan, M., Mardikaningsih, R., & Sinambela, E. A. (2019). Peranan Hubungan Kerja, Pengembangan Karir, dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Management & Accounting Research Journal Global, 3(2).

Alzoubi, H., Ahmed, G., Al-Gasaymeh, A., & Kurdi, B. (2020). Empirical study on sustainable supply chain strategies and its impact on competitive priorities: The mediating role of supply chain collaboration. Management Science Letters, 10(3), 703–708.

Amrutha, V. N., & Geetha, S. N. (2020). A systematic review on green human resource management: Implications for social sustainability. Journal of Cleaner Production, 247, 119131.

Anggreni, P., & Suartini, N. W. (2019). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia di 3 Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Persaingan Global (Studi pada Universitas di Provinsi Bali). ISEI Business and Management Review, 3(1), 25–34.

Ardila, P. D. (2019). Pengaruh Kualitas Dosen, Fasilitas Kampus dan Akreditasi Kampus Terhadap Serapan Lulusan Prodi Akuntansi. STIE MAHARDHIKA.

Armstrong, M., & Taylor, S. (2020). Armstrong’s handbook of human resource management practice. Kogan Page Publishers.

Asnawati, A. (2021). Analisis hukum ekonomi syariah terhadap praktik pemesanan makanan melalui jasa online go-food pada aplikasi go-jek: studi kasus Pagesangan Timur kecamatan Mataram kota Mataram. UIN Mataram.

Astuty, W., Zufrizal, Z., Pasaribu, F., & Rahayu, S. (2021). The effects of customer relationship management, human resource competence and internal control systems on the effectiveness of supply chain management in the Indonesian public sector. Uncertain Supply Chain Management, 9(3), 595–602.

Dabirian, A., Paschen, J., & Kietzmann, J. (2019). Employer branding: Understanding employer attractiveness of IT companies. IT Professional, 21(1), 82–89.

Easa, N. F., & Orra, H. El. (2021). HRM practices and innovation: An empirical systematic review. International Journal of Disruptive Innovation in Government, 1(1), 15–35.

Elving, W. J. L., Westhoff, J. J. C., Meeusen, K., & Schoonderbeek, J.-W. (2013). The war for talent? The relevance of employer branding in job advertisements for becoming an employer of choice. Journal of Brand Management, 20, 355–373.

Figurska, I., & Matuska, E. (2013). Employer branding as a human resources management strategy. Human Resources Management & Ergonomics, 7(2).

Gallardo, E. G. (2013). Disentangling the talent ‘concept as applied to the world of work. A Dissertation, Departamentd Economiai Organitzaciód Empreses, Facultatd Economiai Empresa, Barcelona.

Ganaie, M. U., & Haque, M. I. (2017). Talent management and value creation: A conceptual framework. Academy of Strategic Management Journal, 16(2), 1–9.

Holbrook Jr, R. L., & Chappell, D. (2019). Sweet rewards: An exercise to demonstrate process theories of motivation. Management Teaching Review, 4(1), 49–62.

Isabella, G. (2022). Pengaruh Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Carnival Resto & Café Palangkaraya). STIE MALANGKUCECWARA.

Kargas, A., & Tsokos, A. (2020). Employer branding implementation and human resource management in Greek telecommunication industry. Administrative Sciences, 10(1), 17.

Khan, R. N. (2017). Relationship between reputation perception and job pursuit intention in private sector.

Kumar, V., & Pansari, A. (2016). Competitive advantage through engagement. Journal of Marketing Research, 53(4), 497–514.

Kurdi, B., Alzoubi, H., Akour, I., & Alshurideh, M. (2022). The effect of blockchain and smart inventory system on supply chain performance: Empirical evidence from retail industry. Uncertain Supply Chain Management, 10(4), 1111–1116.

Kusuma, W., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1174–1180.

Lawler, E. E. (2017). Reinventing talent management: Principles and practices for the new world of work. Berrett-Koehler Publishers.

Le, T. T. (2022). Corporate social responsibility and SMEs’ performance: mediating role of corporate image, corporate reputation and customer loyalty. International Journal of Emerging Markets.

Lu, J., Liang, M., Zhang, C., Rong, D., Guan, H., Mazeikaite, K., & Streimikis, J. (2021). Assessment of corporate social responsibility by addressing sustainable development goals. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 28(2), 686–703.

Mahmoud, A. B., Fuxman, L., Mohr, I., Reisel, W. D., & Grigoriou, N. (2021). “We aren’t your reincarnation!” workplace motivation across X, Y and Z generations. International Journal of Manpower, 42(1), 193–209.

Mulang, H. (2021). The effect of competences, work motivation, learning environment on human resource performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 1(2), 84–93.

Putri, V. N. A. O. (2020). Kombinasi Inovasi Bisnis Model Inkremental Dan Radikal Berbasis Kapabilitas Dinamis Untuk Mendukung Keberlanjutan Organisasi Terhadap Disrupsi Teknologi.

Rawi, R. D. P., & Halina, N. (2019). Analisis Pengembangan Karir Yang Efisien Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Bkpsdm) Kota Sorong.

Safrudin, S. K. M., Mulyati, S., Rosni Lubis, S. S. T., & Keb, M. (2019). Pengembangan Kepribadian dan Profesionalisme Bidan. WINEKA MEDIA.

Saputra, W., & Syahril, S. (2022). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Keprofesionalan Guru SMK Swasta di Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(2), 76–82.

Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 69–75.

Staniec, I., & Kalińska-Kula, M. (2021). Internal employer branding as a way to improve employee engagement. Problems and Perspectives in Management, 19(3), 33.

Susan, E. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952–962.

Todol’i-Signes, A. (2019). Workers, the self-employed and TRADEs: Conceptualisation and collective rights in Spain. European Labour Law Journal, 10(3), 254–270.

Tumasjan, A., Kunze, F., Bruch, H., & Welpe, I. M. (2020). Linking employer branding orientation and firm performance: Testing a dual mediation route of recruitment efficiency and positive affective climate. Human Resource Management, 59(1), 83–99.

Wilian, S., Ramdani, A., & Kusumo, B. H. (2021). Pendampingan Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi Magister Pendidikan IPA untuk Menuju Unggul. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 446–463.

Zhao, J., & Ferran, C. (2016). Business school accreditation in the changing global marketplace: A comparative study of the agencies and their competitive strategies. Journal of International Education in Business, 9(1), 52–69.


Article Metrics

 Abstract Views : 181 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.