Abstract


Dibandingkan dengan komponen sumber daya alam, sumber daya manusia adalah aspek yang paling penting dari organisasi. Employer Branding memfasilitasi transformasi struktur manajemen organisasi, sehingga memfasilitasi proses rekrutmen. Oleh karena itu, Branding Perusahaan, yang salah satunya adalah GoJek menjadi sangat penting untuk menarik karyawan baru dan memastikan bahwa perusahaan akan memperoleh yang berkualitas. Hal ini menunjukan bahwa Branding perusahaan dalam perspektif talent berpengaruh terhadap minat talent tersebut untuk berkarir di dalamnya sebagai hipotesa pertama. Keinginan talent membangun portofolio, mendukung dirinya dalam melakukan pelamaran kerja dengan demikian semakin banyak portofolio, semakin besar jenis perusahaan yang akan dilamar oleh talent sebagai hipotesa kedua. Keterkaitan employer branding dan talent dengan minat berkarier telah dikaji secara teoritis, namun belum diadakan penelitian kepada start up seperti GoJek dengan talent mahasiswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui keadaan eksisting employer branding, portofolio talent, dan minat berkarier; serta membuktikan hipotesa di dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan studi kasus yang menggunakan data dari universitas Kota Semarang yang memiliki akreditasi A dengan sampel 117 mahasiswa. Data yang yang bersifat persepsional dikuantitaskan dengan menggunakan skala likert dan terbagi menjadi lima kategori penilaian, dengan analisis yang dilakukan analisis deskriptif kuantitatif dan regresi linear. Hasil regresi linear yang dilakukan menunjukan bahwa branding strategy memiliki pengaruh terhadap minat berkarier talent di Perusahaan GoJek sedangkan portofolio talent tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkarier. Oleh karena itu, Perusahaan GoJek perlu menjalankan strategi yang berfokus pada pengembangan karyawan, keterlibatan dengan komunitas, dan peningkatan layanan pelanggan.


Keywords


Branding Perusahaan; Minat Berkarier; Portofolio Talent