Urgensi Literasi Digital dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah

Frandy M Walean(1), Ronny Walean(2), Yeane Koyongian(3),
(1) Manajemen Pendidikan, Univeritas Klabat  Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan, Univeritas Klabat  Indonesia
(3) Manajemen Pendidikan, Univeritas Klabat  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i2.125274

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi urgensi literasi digital dalam kepemimpinan kepala sekolah. Hal baru dari penelitian ini menonjolkan peran kunci literasi digital dalam kepemimpinan kepala sekolah, mengisi kesenjangan pengetahuan yang ada dalam literatur sebelumnya yang lebih sering berfokus pada penerapan teknologi dalam pembelajaran siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Systematic Literature Review (SLR) untuk menggali pemahaman mendalam tentang urgensi literasi digital dalam kepemimpinan kepala sekolah. Sampel penelitian yang kami ambil terdiri dari artikel dan buku terpilih yang dipublikasikan dalam jurnal-jurnal berputasi nasional dan internasional. Analisis data yang dilakukan dalam peninjauan terperinci terhadap setiap artikel yang dijadikan sampel. Analisis tematik juga dilakukan untuk mengidentifikasi pola-pola utama dan temuan-temuan kunci yang muncul dari artikel-artikel tersebut. Penarikan kesimpulan pada penelitian ini menggunakan teknik sintesis data. Hasil menyebutkan secara keseluruhan, literasi digital menjadi kunci penting dalam kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi perubahan media baru dalam pendidikan. Literasi skill yang meliputi aspek-aspek seperti kultural, kognitif, konstruktif, komunikatif, kepercayaan diri, kreatif, kritis, dan tanggung jawab.


Keywords


Urgensi literasi digital; Kepemimpinan Kepala Sekolah

References


Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A. B. N. R. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 98–104.

Belshaw, D. (2012). What Is’ Digital Literacy’? A Pragmatic Investigation. Durham University.

Camilleri, M. A., & Camilleri, A. C. (2017). Digital Learning Resources And Ubiquitous Technologies In Education. Technology, Knowledge And Learning, 22(1), 65–82.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3).

Hadi, S., Tjahjono, H. K., & Palupi, M. (2019). Systematic Review: Meta Sintesis Untuk Riset Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Viva Victory Abadi, 127.

Hammond, N., & Perry, A. (2002). Systematic Reviews: The Experiences Of A Phd Student. Psychology Learning & Teaching, 2(1), 32–35.

Hasibuan, E., & Rifma, S. (2022). Kepemimpinan Instruksional Yang Efektif Sebagai Kepala Sekolah. Ability: Journal Of Education

Mcquail, D. (2010). Mcquail’s Mass Communication Theory. Sage Publications.

Pangesti, A. T., & Hidayati, D. (N.D.). Kompetensi Literasi Digital Kepala Sekolah Di Sd Muhammadiyah Rimbo Bujang Dan Sd Negeri 119/Viii Kabupaten Tebo. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1567–1576.

Petticrew, M., & Roberts, H. (2008). Systematic Reviews In The Social Sciences: A Practical Guide. John Wiley & Sons.

Pratiwi, S. A., & Purnama, E. K. (2022). Integrasi Teknologi Dalam Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 131–146.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0: Kajian Dari Perspektif Pembelajaran Matematika. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54.

Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Sekolah Penggerak Di Nganjuk. Jamu: Jurnal Abdi Masyarakat

Siregar, S. (2018). Signifikansi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Sekolah Berbasis Manajemen Sekolah. California Digital Library (Cdl).

Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600–4611.

Timan, A., Mustiningsih, M., & Imron, A. (2022). Digital Leadership Kepala Sekolah Hubungannya Dengan Kinerja Guru Dan Kompetensi Siswa Era Abad 21. Jamp: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(4), 323–333.

Uzumcu, O., & Bay, E. (2020). The Effect Of Computational Thinking Skill Program Design Developed According To Interest Driven Creator Theory On Prospective Teachers. Education And Information Technologies.


Article Metrics

 Abstract Views : 215 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.