Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi urgensi literasi digital dalam kepemimpinan kepala sekolah. Hal baru dari penelitian ini menonjolkan peran kunci literasi digital dalam kepemimpinan kepala sekolah, mengisi kesenjangan pengetahuan yang ada dalam literatur sebelumnya yang lebih sering berfokus pada penerapan teknologi dalam pembelajaran siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Systematic Literature Review (SLR) untuk menggali pemahaman mendalam tentang urgensi literasi digital dalam kepemimpinan kepala sekolah. Sampel penelitian yang kami ambil terdiri dari artikel dan buku terpilih yang dipublikasikan dalam jurnal-jurnal berputasi nasional dan internasional. Analisis data yang dilakukan dalam peninjauan terperinci terhadap setiap artikel yang dijadikan sampel. Analisis tematik juga dilakukan untuk mengidentifikasi pola-pola utama dan temuan-temuan kunci yang muncul dari artikel-artikel tersebut. Penarikan kesimpulan pada penelitian ini menggunakan teknik sintesis data. Hasil menyebutkan secara keseluruhan, literasi digital menjadi kunci penting dalam kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi perubahan media baru dalam pendidikan. Literasi skill yang meliputi aspek-aspek seperti kultural, kognitif, konstruktif, komunikatif, kepercayaan diri, kreatif, kritis, dan tanggung jawab.


Keywords


Urgensi literasi digital; Kepemimpinan Kepala Sekolah