Manajemen perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan di wilayah perbatasan

Bella Ghia Dimmera(1), Eligia Monixa Salfarini(2), Pebria Dheni Purnasari(3), Yosua Damas Sadewo(4),
(1) Institut Shanti Bhuana  Indonesia
(2) Institut Shanti Bhuana, Indonesia  Indonesia
(3) Institut Shanti Bhuana, Indonesia  Indonesia
(4) Institut Shanti Bhuana, Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i2.125182

Full Text:    Language : Id

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memahami bagaimana proses perubahan direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, (2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat keberhasilan manajemen perubahan serta (3) untuk menganalisis dampak perubahan tersebut terhadap mutu pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan analisis kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap pimpinan perguruan tinggi, unit penjaminan mutu, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, serta menganalisis dokumen terkait implementasi perubahan. Hasil penelitian ini memberikan wawasan penting bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Rekomendasi yang dapat dibuat mencakup perlunya mengadopsi pendekatan yang peka terhadap konteks wilayah perbatasan, memperkuat partisipasi pemangku kepentingan, berinvestasi dalam peluang pelatihan dan infrastruktur, mendukung pengembangan profesional sumber daya manusia, dan menerapkan evaluasi dan adaptasi berkelanjutan terhadap perubahan.


Keywords


Manajemen Perubahan; Mutu Pendidikan, Wilayah Perbatasan

References


Akanpaadgi, E. (2021). Institutional reform and change management: The conversion of polytechnics to technical universities. African Educational Research Journal, 9(3), 655–658. https://doi.org/10.30918/aerj.93.20.117

Arifudin, O. (2019). 274-Article Text-602-1-10-20200122. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) MANAJEMEN, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss1.pp161-169

Baxter, P., & Jack, S. (2015). Qualitative Case Study Methodology: Study Design and Implementation for Novice Researchers. The Qualitative Report, 13(4), 544–559. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2008.1573

Fauza, D. R., & Rahman, A. A. (2021). Change Management Strategy in Islamic Organizations. Journal of Islamic Economic Scholar, 2(1), 24. https://doi.org/10.14421/jies.2021.2.1.24-33

Mccarthy, C., & Eastman, D. (2018). Change Management Strategies for an Effective EMR Implementation.

Mubarok, M. Z., Wahyu, A., Jayanti, D., & Ilmi, M. (2023). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Servant Leadership ( Studi Kasus di MI Darul Hikmah Prasung Buduran Sidoarjo ). 4(1), 1–17.

Prahara, A. G., & Nawangpalupi, C. B. (2021). Integrasi Manajemen Perubahan pada Proyek Lean Six Sigma dalam Peningkatan Mutu dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 10(2), 113–120. https://doi.org/10.26593/jrsi.v10i2.4064.113-120

Sulaiman, A., & Wibowo, U. B. (2016). the Implementation of Internal Quality Assurance System As an Effort To Improve Quality of Education At Gadjah Mada University. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 17–32. http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp

Vlachopoulos, D. (2021). Organizational change management in higher education through the lens of executive coaches. Education Sciences, 11(6). https://doi.org/10.3390/educsci11060269

Widayani, K. (2020). Implementasi Manajemen Perubahan Terhadap Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Mts Negeri 3 Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 9(1), 78–86.

Widyaningrum, B., Roro Suci Nurdianti, R., & Kurniawan. (2022). Webinar dan Call for Paper Fakultas Ekonomi Universitas Tidar 2022 Teori Manajemen Perubahan Kurt Lewin: Kajian dalam Menghadapi Disrupsi Pendidikan Post-Covid 19. 19(September), 297–307. http://jurnal.untidar.ac.id

Yustiyawan, R. H. (2019). Penguatan Manajemen Pendidikan Dalam Mutu Pendidikan Tinggi Studi Kasus di STIE IBMT Surabaya. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p1-10


Article Metrics

 Abstract Views : 108 times
 PDF Downloaded : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.