Pemahaman siswa dan mahasiswa mengenai tayangan film nasional yang berpengaruh pada pola pikir pendidikan

Rismita Rismita(1), Fetrimen Fetrimen(2),
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i2.124298

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa dan mahasiswa mengenai tayangan film nasional yang berpengaruh pada pola pikir pendidikan terhadap film yang ditontonnya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yang menyajikan data secara visual berupa tabel dan grafik, serta analisis ukuran pemusatan dengan menggunakan indikator tingkat frekuensi menonton film dan tingkat konsentrasi menonton film. Data dikumpulkan melalui responden dengan menyebar kuesioner yang mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh LSF sebanyak 1211 responden, yaitu siswa SD sampai Perguruan Tinggi.  Pengolahan data menggunakan tendensi sentral (mean, standar  deviasi, nilai maksimal, nilai minimum) yang dianalisis menggunakan mean ideal dan standar deviasi ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa dan mahasiswa yang tinggi berada pada level SMA/SMK/D1/D2 dan D3/S1, kategori sedang pada level S2/S3, dan kategori rendah pada level SD/SMP. Tingkat pemahaman tinggi dan sedang menggambarkan dampak positif pada siswa dan mahasiswa terhadap peningkatan nilai kognitif, inspirasi terhadap tayangan film yang ditonton yang menjadi sarana edukasi, sedangkan pemahaman rendah menggambarkan dampak negatif dengan adanya proses meniru terhadap tayangan film yang ditonton. Perlunya pendampingan yang memberikan dampak pembelajaran dan pendidikan dengan melakukan pendekatan partisipatif.


Keywords


Pemahaman jenis film; pola pikir pendidikan; sarana edukasi

References


Aeni, A. N., Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1113

Al Khakim, A. A., & Sofiana, D. A. A. W. (2019). Pemilihan Film Anak Dan Kaitannya Dengan Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019, 1(1), 150–160.

Annie Rufeidah, Syofyan Saad, K. (2018). Evaluasi program televisi pendidikan “Kartun Anak.” Jurnal Sekretari, 5(2), 1–16.

Arisandy, M. R. (2015). Pengaruh Keterampilan dan Pengalaman Kerja Terhadap Pengembangan Karir Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Donggala. Katalogis, 3(8), 149–156.

Blasco, P. G., Moreto, G., Blasco, M. G., Levites, M. R., & Janaudis, M. A. (2015). Education through Movies: Improving teaching skills and fostering reflection among students and teachers. Journal for Learning through the Arts: A Research Journal on Arts Integration in Schools and Communities, 11(1). https://doi.org/10.21977/d911122357

Fetrimen. (2023). Persepsi Pendidik Tentang Fungsi Pendidikan Pada Tayangan Film Televisi Selama Masa Pandemi Covid 19 di DKI Jakarta. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 803–816. https://doi.org/gust 2022; Revised: 12 October 2022; Accepted: 17 Decehttp://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.803-816.2023

Fiadotau, M., Sillaots, M., & Ibrus, I. (2019). Education on screens: Histories of co-innovation and convergence between audiovisual media and education sectors. Emergence of Cross-Innovation Systems: Audiovisual Industries Co-Innovating with Education, Health Care and Tourism, 61–69. https://doi.org/10.1108/978-1-78769-977-920191010

Ghozali, I. (2021). Dampak Tayangan Sinetron Terhadap Minat. Murabbi: Jurnal Ilmiah Dalam Pendidikan, 04(02), 57–63. Retrieved from https://ejournal.stitalhikmah-tt.ac.id/index.php/murabbi/article/view/85

Hamzah, N. H., Khomaeny, E. F. F., & Ulfa, M. (2021). Tontonan anak di Televisi: Paradoks dan Kontestasi Nilai Tontonan Anak di Media Televisi Nasional. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1883–1893. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.713

Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 401–410. Retrieved from https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28913

Kartika, R. A. R., Susilo, S., & Natsir, M. (2017). The effect of silent short movie on EFL writing achievement of Vocational High School students. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(2), 168. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i2.14191

Khodijah, S., Kamal, M., Farhan, Y., & Sahal, D. (2019). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Serial Anak Upin & Ipin Season Ke 10. Tarbiyah Al-Aulad, 4(1), 57. Retrieved from https://riset-iaid.net/index.php/TA/article/view/418%0Ahttp://riset-iaid.net/index.php/TA

Kühhirt, M., & Klein, M. (2020). Parental education, television exposure, and children’s early cognitive, language and behavioral development. Social Science Research, 86, 102391. https://doi.org/10.1016/j.ssresearch.2019.102391

Kuswita, H. (2014). Strategi Penyajian Program Pendidikan Di Televisi Edukasi. Jurnal Komunikologi, 11(Penyiaran), 2–9. Retrieved from https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/viewFile/134/134

Lin, L. Y., Cherng, R. J., Chen, Y. J., Chen, Y. J., & Yang, H. M. (2015). Effects of television exposure on developmental skills among young children. Infant Behavior and Development, 38, 20–26. https://doi.org/10.1016/j.infbeh.2014.12.005

Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40. https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.161.40-59

Muna, N. W., Solehuddin, S., & Mahmudah, U. (2022). Nilai Pendidikan Karakter Religius Dan Sains Dalam Film Animasi “Riko the Series” Sebagai Media Pembentuk Pengetahuan Dan Karakter Religius Anak Us. IBTIDA- Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 40–56. https://doi.org/10.33507/ibtida.v2i1.549

Mundir. (2012). Statistik Pendidikan. Jember: STAIN Jember Press.

Permendikbud. (2019a). Pengutamaan Film Indonesia dan Pengutamaan Penggunaan Sumber Daya Dalam Negeri No. 30 tahun 2019. Retrieved from https://peraturan.go.id/id/permendikbud-no-30-tahun-2019

Permendikbud. (2019b). Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Pedoman dan kriteria penyensoran, penggolongan usia penonton dan penarikan Film dan iklan dari peredaran. Retrieved from https://lsf.go.id/permendikbud-no-14-tahun-2019/

Permendikbud. (2019c). Tata Edar, Pertunjukan, Ekspor, dan Impor Film No. 34. Retrieved from https://permendikbud.blogspot.com/2019/09/permendikbud-nomor-34-tahun-2019.html

Perry, D. K. (2002). Theory and Research in Mass Communication. London: Mahwah, New Jersey.

Putra, A. J., & Rahayu, P. B. (2020). Persepsi Masyarakat Tentang Tokoh Joker Dalam Film Joker Public Perceptions of the Joker Character in the Joker Movie (Case study on film audiences at studio 21 Makassar Town Square). Journal of Communication Sciences, 2(2), 132–137.

Rismita, R., Khuluqo, I. El, Istaryatiningtias, I., & Hendra, A. N. (2020). The Selection of Outstanding Teachers to the Determination of Ranking on Professional and Intellectual Managerial Performances. Al-Ta Lim Journal, 27(1), 72–79. https://doi.org/10.15548/jt.v27i1.602

Sabardila, A., Markhamah, M., Arifin, Z., Kusmanto, H., Hidayah, L. N., Kurniasari, A. D., & Saputro, D. (2021). Menakar Nilai Pendidikan Karakter Acara Televisi pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 150–162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.875

Soedarsono, K. D. (2012). Pesan Komunikasi Pendidikan Di Media Televisi. Jurnal Ilmiah Komunikasi |MAKNA, 2(2), 49–57. https://doi.org/10.30659/jikm.2.2.31-39


Article Metrics

 Abstract Views : 219 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.