Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Melestarikan Budaya Berwawasan Lingkungan Hidup di Sekolah

Novianti Rahmi(1), Wahyu Wahyu(2), Suhaimi Suhaimi(3),
(1) Administrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat  Indonesia
(3) Administrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i2.123609

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya menjadikan sekolah berwawasan lingkungan hidup dan mencapai predikat sebagai sekolah adiwiyata mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bersifat induktif dimulai tahap konseptualisasi, kategorisasi dan deskripsi yang dikembangkan dari peristiwa yang diperoleh melalui penelitian langsung dilapangan. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui snowball sampling. Jenis data untuk survei ini dapat dibagi menjadi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer berupa tuturan atau perkataan (speech) dan perilaku subjek (informan) mengenai kepala sekolah memimpin dalam memelihara budaya akuntabilitas lingkungan di kedua sekolah. Untuk memperoleh data sekunder dari dokumen, gambar dan objek yang dapat digunakan untuk melengkapi data primer. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah memakai teknik analisis kualitatif deskriptif. Informasi diperiksa terlebih dahulu dengan seksama dan teliti sebelum dianalisis kemudian dilanjutkan dengan mengkode  (coding) agar lebih mempermudah dalam teknik analisis information. Peneliti memakai dua analisis information, yaitu analisis information dalam situs dan analisis information lintas situs. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran penting dalam mengembangkan budaya berwawasan lingkungan hidup di sekolah. Meskipun terdapat kendala seperti kurangnya kesadaran warga sekolah, kepala sekolah dapat menciptakan visi misi, kebijakan, strategi, dan kerjasama dengan pihak luar untuk mewujudkan program Adiwiyata dan mengatasi kendala tersebut

Keywords


Kepemimpinan; Budaya Sekolah; Lingkungan Hidup

References


Adam, A. F. B. (2014). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).

Agustina, P. (2018). Karekateristik Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 206-219.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., & Abdul Jabar, C. S. (2010). Evaluasi program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Basri, H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Bogdan, I., & Biklen, S. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon, Inc.: Boston London.

Budiman, A., Sudarno, S., & Putra, A. A. M. S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Nasional (Studi Kasus di SD Negeri 18 Pekanbaru). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 87–100.

Chaniago, A. (2017). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.

Dendy, M. F. B. (2017). Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di SMA Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1).

Denzin, N. K., & Lincoln, S. Y. (2009). Handbook Of Qualitative Research. New Delhi: Sage Publications.

Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Yogyakarta: Deepublish.

Fauzi, A. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Adiwiyata di SDN 1 Landasan Ulin Selatan Banjarbaru. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 17(1), 51–55.

Fitriyah, I., & Santosa, A. B. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 65-70.

Hadi, S. (2003). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Andi.

Hersey, P., & Blanchard, K. (1994). Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Heryanto, A. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 1(2), 88-95.

Hidayat, A., Utomowati, R., Nugraha, S., Amanto, B. S., Adiastuti, A., & Astirin, O. P. (2023). Students’ perception of the green school program: an evaluation for improving environmental management in schools. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1180(1), 12029.

Hidayat, N., & Hasibuan, Z. E. (2019). Kepemimpinan Pendidikan Dalam Perspektif Hadis. Jakarta: Prenada Media Grup.

Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2016). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, (2018).

Permana, B. I., & Ulfatin, N. (2018). Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata Mandiri. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 11-21. ISSN 2549-7774

Purwanto, N. A. (2019). Kepemimpinan Pendidikan (Kepala Sekolah sebagai Manager dan Leader). Yogyakarta: Interlude.

Rahmat, A., & Kadir, S. (2017). Kepemimpinan pendidikan dan Budaya Mutu. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Robbins, S. P. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Syamsuddin. (2020). The Leadership Of Principal And The Development Of Culture At School. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 81-96.

Siagian, S. P. (2003). Teori & Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyanto, E., & Abdullah, G. (2022). Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Budaya Sekolah Adiwiyata di Smp Negeri 1 Lasem Kabupaten Rembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7999–8011.

Suharsaputra, U. (2016). Kepemimpinan Inovasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Suriansyah, A., & Aslamiah. (2015). Strategi kepemimpinan kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membentuk karakter siswa. Cakrawala Pendidikan, 34(2), 234-247. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828.

Stoner, J. A. F. (1996). Manajemen. Edisi Indonesia. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Syafarudin. (2008). Efektivitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Strategi, dan Aplikasi Kebijakan menuju Organisasi Sekolah Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.

Trihayu. (2014). Hubungan Pembelajaran berbasis Kearifan Lokal dan Budaya Sekolah dengan hasil belajar anak kelas 4 dan 5 SD Perumnas Condongcatur Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(1), 49-53.

Vivi Rusmawati. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Disiplin. Kerja Guru Pada SDN 018 Balikpapan, e Journal Administrasi Negara, 2013, Volume 1, Nomor 2, 395-409. ISSN 0000-0000.

Wahyudi. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.

Wibowo, N. A., Sumarmi, S., Utaya, S., Bachri, S., & Kodama, Y. (2023). Students’ Environmental Care Attitude: A Study at Adiwiyata Public High School Based on the New Ecological Paradigm (NEP). Sustainability, 15(11), 8651.

Yahdiyani, N. R., et al. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Peserta didik di SDN Martapuro 2 Kabupaten Pasuruan. Journal of Education Psychology and Counseling, 2, 327-336.


Article Metrics

 Abstract Views : 125 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.