Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Melestarikan Budaya Berwawasan Lingkungan Hidup di Sekolah
(1) Administrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat  Indonesia
(3) Administrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i2.123609
Full Text: Language : id
Abstract
Keywords
References
Adam, A. F. B. (2014). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).
Agustina, P. (2018). Karekateristik Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 206-219.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S., & Abdul Jabar, C. S. (2010). Evaluasi program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Basri, H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia.
Bogdan, I., & Biklen, S. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon, Inc.: Boston London.
Budiman, A., Sudarno, S., & Putra, A. A. M. S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Nasional (Studi Kasus di SD Negeri 18 Pekanbaru). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 87–100.
Chaniago, A. (2017). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.
Dendy, M. F. B. (2017). Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di SMA Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1).
Denzin, N. K., & Lincoln, S. Y. (2009). Handbook Of Qualitative Research. New Delhi: Sage Publications.
Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Yogyakarta: Deepublish.
Fauzi, A. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Adiwiyata di SDN 1 Landasan Ulin Selatan Banjarbaru. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 17(1), 51–55.
Fitriyah, I., & Santosa, A. B. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 65-70.
Hadi, S. (2003). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Andi.
Hersey, P., & Blanchard, K. (1994). Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Heryanto, A. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 1(2), 88-95.
Hidayat, A., Utomowati, R., Nugraha, S., Amanto, B. S., Adiastuti, A., & Astirin, O. P. (2023). Students’ perception of the green school program: an evaluation for improving environmental management in schools. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1180(1), 12029.
Hidayat, N., & Hasibuan, Z. E. (2019). Kepemimpinan Pendidikan Dalam Perspektif Hadis. Jakarta: Prenada Media Grup.
Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2016). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, (2018).
Permana, B. I., & Ulfatin, N. (2018). Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata Mandiri. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 11-21. ISSN 2549-7774
Purwanto, N. A. (2019). Kepemimpinan Pendidikan (Kepala Sekolah sebagai Manager dan Leader). Yogyakarta: Interlude.
Rahmat, A., & Kadir, S. (2017). Kepemimpinan pendidikan dan Budaya Mutu. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Robbins, S. P. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Syamsuddin. (2020). The Leadership Of Principal And The Development Of Culture At School. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 81-96.
Siagian, S. P. (2003). Teori & Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyanto, E., & Abdullah, G. (2022). Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Budaya Sekolah Adiwiyata di Smp Negeri 1 Lasem Kabupaten Rembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7999–8011.
Suharsaputra, U. (2016). Kepemimpinan Inovasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Suriansyah, A., & Aslamiah. (2015). Strategi kepemimpinan kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membentuk karakter siswa. Cakrawala Pendidikan, 34(2), 234-247. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828.
Stoner, J. A. F. (1996). Manajemen. Edisi Indonesia. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Syafarudin. (2008). Efektivitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Strategi, dan Aplikasi Kebijakan menuju Organisasi Sekolah Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.
Trihayu. (2014). Hubungan Pembelajaran berbasis Kearifan Lokal dan Budaya Sekolah dengan hasil belajar anak kelas 4 dan 5 SD Perumnas Condongcatur Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(1), 49-53.
Vivi Rusmawati. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Disiplin. Kerja Guru Pada SDN 018 Balikpapan, e Journal Administrasi Negara, 2013, Volume 1, Nomor 2, 395-409. ISSN 0000-0000.
Wahyudi. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.
Wibowo, N. A., Sumarmi, S., Utaya, S., Bachri, S., & Kodama, Y. (2023). Students’ Environmental Care Attitude: A Study at Adiwiyata Public High School Based on the New Ecological Paradigm (NEP). Sustainability, 15(11), 8651.
Yahdiyani, N. R., et al. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Peserta didik di SDN Martapuro 2 Kabupaten Pasuruan. Journal of Education Psychology and Counseling, 2, 327-336.
Article Metrics
Abstract Views : 251 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 80 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.