Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya menjadikan sekolah berwawasan lingkungan hidup dan mencapai predikat sebagai sekolah adiwiyata mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bersifat induktif dimulai tahap konseptualisasi, kategorisasi dan deskripsi yang dikembangkan dari peristiwa yang diperoleh melalui penelitian langsung dilapangan. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui snowball sampling. Jenis data untuk survei ini dapat dibagi menjadi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer berupa tuturan atau perkataan (speech) dan perilaku subjek (informan) mengenai kepala sekolah memimpin dalam memelihara budaya akuntabilitas lingkungan di kedua sekolah. Untuk memperoleh data sekunder dari dokumen, gambar dan objek yang dapat digunakan untuk melengkapi data primer. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah memakai teknik analisis kualitatif deskriptif. Informasi diperiksa terlebih dahulu dengan seksama dan teliti sebelum dianalisis kemudian dilanjutkan dengan mengkode  (coding) agar lebih mempermudah dalam teknik analisis information. Peneliti memakai dua analisis information, yaitu analisis information dalam situs dan analisis information lintas situs. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran penting dalam mengembangkan budaya berwawasan lingkungan hidup di sekolah. Meskipun terdapat kendala seperti kurangnya kesadaran warga sekolah, kepala sekolah dapat menciptakan visi misi, kebijakan, strategi, dan kerjasama dengan pihak luar untuk mewujudkan program Adiwiyata dan mengatasi kendala tersebut

Keywords


Kepemimpinan; Budaya Sekolah; Lingkungan Hidup