Budaya sekolah berbasis kearifan lokal

Huda Binti Isma'il Ahmadi(1), Ahmad Suriansyah(2), Suhaimi Suhaimi(3),
(1) Administrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat  Indonesia
(3) Administrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i2.122936

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menginvestigasi dan memahami model budaya sekolah berbasis kearifan lokal yang diterapkan di SD Negeri-SN Pengembangan 5 dan SD Negeri Seberang Mesjid 1 di Kota Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi multi situs. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, yang melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kedua sekolah telah mengadopsi model budaya sekolah yang sangat berfokus pada nilai-nilai kearifan lokal, terutama dalam aspek religi dan budaya umum. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi budaya sekolah berbasis kearifan lokal dapat memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian visi dan misi sekolah, serta perkembangan karakter siswa, dengan partisipasi orang tua dan dukungan komunitas yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana sekolah-sekolah dapat mengintegrasikan nilai-nilai lokal dalam budaya sekolah mereka, yang dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan pendidikan di lingkungan serupa.


Keywords


Budaya Sekolah; Kearifan Lokal

References


Agus Wibowo dan Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Alfian, Magdalia. (2013). “Potensi Kearifan lokal dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa”. Prosiding The 5 thn ICSSIS; “Ethnicity and Globalization”, di Jogyakarta pada tanggal 13-14 Juni 2013.

Arikunto, Suharsimi., Dkk. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Azhari Ulpha Lisni., & Kurniady, Dedy Achmad,. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas pembelaaran, dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. XXIII No. 2.

Berkowitz, Marvin W dan Mary Anne Hoppe. (2009). Character Education and Gifted Children. Journal of High Ability Studies, vol.20 no. 2, December 2009.

Cahyono, Ari. (2012). Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Dosen Dan Karyawan Di Universitas Pawyatan Daha Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen Revitalisasi. Vol. 1. No. 1. Juni 2012. Kediri: Universitas Pawyatan Daha Kediri.

Cameron, Kim S., Robert E. Quinn. (1999). Diagnosing and Changing Organizational Culture: Based on the Competing Values Framework. Reading, Massachusetts: Addison Wesley

Chiu, M.M., & Chow, B.W.Y. (2011). Classroom Discipline Across Forty One Contries. Jurnal Of Cross Cultural Psychology, 42 (3).

Coleman, M. (2013). Ekspowering Family-teacher Partnership Building Connection Whithin Diverse Comunities. Los Angeles: Sage Publication.

Darmawan, Edi. (2013). Kerjasama Guru Bimbingan Konseling dan Orang tua Siswa dalam Mengatasi Siswa yang Bolos Sekolah di SMAN 1 Kluet Timur Kab. Aceh Selatan. Jurnal Eduikasi: Jurnal Bimbingan Konseling. 6 (1).

Dwikorita Karnawati (2017). Pekerjaan yang Diprediksi Punah Akibat Revolusi Industri, Apa Saja? (online) https://regional.kompas.com/ read/2018/01/31/17225241/pekerjaan-yang-diprediksi-punah-akibat-revolusi-industri-apa-saja.

E. Mulyasa. (2009), Manajamen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Rosda.

Efendi, Nofriza., Dkk. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, (online) Vol.4 No.2 (journal.univetbantara.ac.id)

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Sosio Didaktika 1(2): 123- 130.

Ferdi W.P. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. (Online) Vol. 19 No. 4 (www.core.ac.uk)

Fidiyani, Rini & Kamal, Ubaidillah, (2012), Penjabaran Hukum Alam Menurut Pikiran Orang Jawa Berdasarkan Pranata Mangsa. Jurnal Dinamika Hukum. Vol. 12 No. 3 September 2012

Fullan, M. (2007). Leading In A Culture Of Change. San Francisco, CA: Jossey

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hadi, Sutrisno. (2000). Metodologi Research, Yogyakarta : Andi Offset.

Harjanto. (2005). Perencanaan Pengajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Harsanto Radno. (2007). Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Haryanto, Triu Joko. (2014). Kearifan Lokal Pendukung Kerukunan Beragama Pada Komunitas Tengger Malang Jatim. Jurnal Analisa, 21 (02), 201-213

Henrizal, Erick Muhammad, (2018). Analisis Pengaruh Fungsi Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kompetensi Pegawai Dan Etos Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Pegawai Bulog Jawa Barat. Bandung: Universitas Pasundan.

Imron, Ali. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Imron, Ali. (2017). Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Istiawati, Novia Fitri. (2016). Pendidikan karakter berbasis niali-nilai kearifan lokal adat ammatoa dalam menumbuhkan karakter konservasi. e-ISSN. 10 (1). Hlm 1- 17

Jarad, I. Y. A., Yusof, N. A. and Nikbin, D. (2010). A Review Paper on Organizational Culture and Organizational Performance. International Journal of Business and Social Science, 1 (3). Hal 26-46.

Kenneth N, dkk. (2005). Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Kreitner, Robert. Kinicki, Angelo. (2001). Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Companies, Inc

Larry Lashway. Ethical Leadership. http://eric.uoregon.edu/publications/ digests/digest107.html. ERIC Digest. Number 106. June 1996.

Lincoln, Yvonna S & Egon G. Guba. (1985). Naturalistic Inquiry. California: Sage.

MacNeil, Angus J. Prater, Doris L. & Steve Busch, (2009), The Effects Of School Culture And Climate On Student Achievement,

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah

Moleong, Lexy J, (2006), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Neprializa, (2015), Manajemen Budaya Sekolah, Jurnal Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Juli 2015,

Nisa, Rofiatu., & Fatmawati, Eli. (2020). Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Ibtida’. (online) Volume 01, No. 02

Pranowo, Dwiyanto Joko. (2013). Implementasi Pendidikan Karater Kepedulian dan Kerja Sama pada Mata Kuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis dengan Metode Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun III (2), (Online), (http://jurnalpendidikankarakter)

Rachmawati, Atin, (2016), Penyelenggaraan Manajemen Sumber Daya Manusia di MAN I Yogyakarta, Yogyakarta: UIN Yogyakarta.

Ratna, Nyoman Kutha (2010). Mtodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Robbins, Stephen P, & Timothy A. Judge, (2002), “Prilaku Organisasi Edisi 12 Buku I”, Jakarta: Salemba Empat, penerjemah, Diana Angelica.

Rukiyati, Nani Sutarini dan Priyoyuwono. (2014). Penanaman Nilai Tanggung Jawab dan Kerja Sama Terintegrasi dalam Perkuliahan Ilmu Pendidikan. Jurnal Pendidikan, IV(2) (Online), (www. journal. uny. ac. id)

Ruyadi, Y. (2010). Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi (Penguatan PKn, Layanan BK dan KKN Tematik di Universita s Pendidikan Indonesia). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Saeful Millah. (2015). Membangun Model Budaya Sekolah Unggul Yang Islami. (Onine) http://etheses.uin-malang.ac.id

Salahudin, A., & Alkrienciechie, I. (2013). Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.

Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikn Karakter. Bandung: Rosda.

Schein, Edgar H., (2010). Organizational Culture and Leadership, Jossey Bass, San Francisco.

Setyadi, Iwan Tritenty, (2005). Evaluasi Implementasi Proyek Inovasi Manajemen Perkotaan Pekerjaan Pemberdayaan Sektor Informal Pedagang Kaki Lima Kota Magelang. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada,

Shanta Rezkita. (2017). Penilaian Autentik Berorientasi Penguatan Karakter Peduli Lingkungan bagi Sekolah Dasar Adiwiyata. Makalah Proseding. Yogyakarta: IKIP PGRI Wates.

Soesatyo, Bambang (2018) Generasi Milenial dan Era Industri 4.0. (online) https://news.detik.com/kolom/3981811/generasi-milenial-dan-era-industri-40

Soetopo, Hendyat., (2010), Perilaku Organisasi Teori. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sri Judianti. (2010). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, vol 16, edisi khusus III.

Stolp Stephen.(1994). “Leadership for School Culture”. ERIC Digest, Number 91. Dalam http://www.ed.gov/databases/ERIC_Digests/ed370198.html

Sugiyono, (2012), Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Supanji, Retno Wahyu. (2013). Pendidikan Karakter Membentuk Insan yang Unggul. Jurnal Pendidikan Karakter, (2), (Online), Ta-hun III, (www. academia. edu)

Suryabrata, Sumadi. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali.

Susilo, Muhammad Joko,. (2016). Strategi Menciptakan Budaya Sekolah Yang Kondusif Melalui Paradigma Sekolah-Sekolah Unggul Muhammadiyah. Makalah Proseding Symbion (Symposium on Biology Education), Prodi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan

Wahyudi, Agung. (2014). Implementasi Sekolah Berbasis Kearifan Lokal Di SD Negeri Sendangsari Pajangan. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Wuryandani, Wuri., dkk. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXIII (2).

Yulianti, Silvy Dwi., Dkk. (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. Vol.1 No. 1

______. (2003). Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta


Article Metrics

 Abstract Views : 464 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.