Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menginvestigasi dan memahami model budaya sekolah berbasis kearifan lokal yang diterapkan di SD Negeri-SN Pengembangan 5 dan SD Negeri Seberang Mesjid 1 di Kota Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi multi situs. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, yang melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kedua sekolah telah mengadopsi model budaya sekolah yang sangat berfokus pada nilai-nilai kearifan lokal, terutama dalam aspek religi dan budaya umum. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi budaya sekolah berbasis kearifan lokal dapat memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian visi dan misi sekolah, serta perkembangan karakter siswa, dengan partisipasi orang tua dan dukungan komunitas yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana sekolah-sekolah dapat mengintegrasikan nilai-nilai lokal dalam budaya sekolah mereka, yang dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan pendidikan di lingkungan serupa.


Keywords


Budaya Sekolah; Kearifan Lokal