Valuasi perusahaan media digital dengan menggunakan metode discounted cash flow studi kasus PT Arkadia Digital Media Tbk

Yossy Andrew Girsang(1), Isrochmani Murtaqi(2),
(1) Sekolah Bisnis dan Manajemen,Institut Teknologi Bandung, Indonesia  Indonesia
(2) Sekolah Bisnis dan Manajemen,Institut Teknologi Bandung, Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.122760

Full Text:    Language : en

Abstract


Berkaitan dengan pertumbuhan pengguna internet yang meningkat signifikan di Indonesia, perusahaan dan merek kini beralih dari iklan konvensional seperti surat kabar, televisi, dan radio ke iklan digital. Hal ini memberikan peluang bagi perusahaan media digital untuk meningkatkan pendapatan mereka dari waktu ke waktu dan berdampak pada nilai perusahaan di masa depan. Salah satu perusahaan media digital yang tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak 18 September 2018 adalah PT Arkadia Digital Media, Tbk (DIGI), yang memiliki portal berita Suara.com. Sebagai perusahaan Usaha Kecil Menengah digital dengan potensi pertumbuhan yang signifikan dan meningkatnya belanja iklan digital di Indonesia, DIGI dipilih sebagai subjek penelitian untuk menganalisis nilai intrinsik saham mereka menggunakan metode Arus Kas Terdiskonto (DCF). Metode ini dipilih karena relevan dalam memberikan estimasi kas, dan penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan tiga skenario, yaitu skenario dasar, terbaik, dan terburuk. Hasil penilaian menunjukkan bahwa nilai intrinsik DIGI pada skenario dasar adalah Rp. 73, skenario terbaik adalah Rp. 169, dan skenario terburuk adalah Rp. 29. Harga saham pasar DIGI per 30 Juni 2022 sebesar Rp. 57, namun berdasarkan nilai intrinsik yang diperoleh dari ketiga skenario, harga saham pasar DIGI terlihat undervalued dibandingkan dengan skenario dasar dan terbaik, namun sebaliknya overvalued dibandingkan dengan skenario terburuk. Oleh karena itu, para investor disarankan untuk membeli saham DIGI pada harga pasar saat ini.


Keywords


Nilai Intrinsik; Media Digital; Harga Pasar; Di bawah Nilai; Saham

References


Alarussi, A.S. and Alhaderi, S.M. (2018) Factors Affecting Profitability in Malaysia. Journal of Economic Studies, 45, 442-458.

Anusha, K., & Murugan, A. (2020) Evaluate Intrinsic Value of Stock Using Decision Tree Algorithm. Alochana Chakra Journal,IX(VI), 2014 – 2020.

Ayaa, M. M., & Peprah, W. K. (2021) Gender Difference in Investment Decision Making: Evidence from Ghana. International Journal of Economics, Commerce, and Management, XI (7), 415-425.

Battisti, E., Bollani, L., Miglietta, N., & Salvi, A. 2020. The impact of leverage on the cost of capital and market value. Evidence from Shar ī ʿ ah -compliant firms, 43(9), 1081–1096.

Daly, S., Hughson, H., & Loutzenhiser, G. (2021). Valuation for the purposes of a wealth tax. Fiscal Studies, 42(3-4), 615-650.

Damilano, M., Miglietta, N., Battisti, E., & Creta, F. (2018). Value creation and competitive advantage: empirical evidence from dividend champions of the S&P 500.

Damodaran, A. 2006, “Damodaran on valuation”, Security Analysis for Investment and Corporate Finance, John Wiley and Sons, Hoboken, NJ.

Damodaran, A. (2011). The little book of valuation: how to value a company, pick a stock and profit (Vol. 34). John Wiley & Sons.

Dermawan, E.S. and Indrajathi, M.D. (2017) The Quality of Operating Profit and Other Comprehensive Income; Evidence from Indonesia Stock Exchange. International Journal of Economic Perspectives, 11, 1545-1557.

Gitman, L. J., Joehnk, M. D., Smart, S., & Juchau, R. H. (2015). Fundamentals of investing. Pearson Higher Education AU.

Hwang, L.S., Kim, H., Park, K. and Park, R.S. (2013), “Corporate governance and payout policy: evidence from Korean business groups”, Pacific-Basin Finance Journal, Vol. 24 (September), pp. 179-198.

John, K., Knyazeva, A. and Knyazeva, D. (2015), “Governance and payout pre- commitment”, Journal of Corporate Finance, Vol.33(August), pp.101-117.

Labhane, N.B. and Mahakud, J. (2016), “Determinants of dividend policy of Indian companies: a panel data analysis”, Paradigm, Vol.20No.1, pp.36-55.

Mayrhofer, M., Matthes, J., Einwiller, S., & Naderer, B. (2020). User generated content presenting brands on social media increases young adults’ purchase intention. International Journal of Advertising, 39(1), 166–186.

McLuhan, M., & Fiore, Q. (1967). The medium is the message. New York, 123(1), 126–128.

Ong, C. Z., Mohd-Rashid, R., & Taufil-Mohd, K. N. (2020). Do institutional investors drive the IPO valuation? Borsa Istanbul Review, 20(4), 307-321.

Pesic, M. A., Milic, V. J., & Stankovic, J. (2013). Application Of Vrio Framework For Analyzing Human Resources’role In Providing Competitive Advantage. Tourism & Management Studies, 575–586.

Syah, S. (2012). The Importance of English in the Study of Journalism. UM Seminar.

Thompson, A. A., Strickland III, A. J., Gamble, J. E., & Peteraf, M. A. (2020). Crafting & Executing Strategy: Concepts and Cases.

PT Arkadia Digital Media Tbk, Annual Report 2015- Q2 2022

Tradingeconomics.com, 2022, Indonesia Corporate Tax

https://tradingeconomics.com/indonesia/corporate-tax-rate

Cnbcindonesia.com, 2022, Indonesia 10 year government bod

https://www.cnbcindonesia.com/market-data/bonds/ID10YT=RR

ETmoney.com, 2022, Compound Annual Growth Rate (CAGR)

https://www.etmoney.com/mf/compound-annual-growth-rate


Article Metrics

 Abstract Views : 394 times
 PDF Downloaded : 164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.