Pengaruh Glendoman terhadap Kemampuan Membaca Awal pada Anak Usia Dini di Tk Mentari Bontoa

A Evi Nurfawali Asbar(1), Auliyah Rahmah(2), Asriani Azis(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar  Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar  Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.122756

Full Text:    Language : en

Abstract


Metode Glenn Doman merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk membantu anak didik dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan, penggunaan metode Glenn Doman ini dapat menstimulasi otak anak agar berkembang lebih baik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Glenn Doman terhadap kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Mentari Bontoa Kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif correlation. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas B Taman Kanak-kanak Mentari Bontoa Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Nonprobability Sampling (Sampling Jenuh). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner (Angket) dengan instrument penilaian . Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Glenn Doman terhadap kemampuan membaca permulaan anak. Berdasarkan hasil uji analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai R Square adalah sebesar 0,536. Hal ini menunjukkan ada pengaruh metode Glenn Doman (Variabel X) terhadap Kemampuan membaca (variabel Y) dengan nilai sebesar 53,6%.


Keywords


Metode; Glendoman; Membaca Awal; Anak Usia Dini

References


Ani, & Fitria, E. (2019). “ Ceria ” peranan orang tua dalam mengembangkan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. 10(1), 11–23.

Lis, H., Rini, S., & Ds, A. C. (n.d.). PENGARUH METODE GLENN DOMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADAUSIA 5-6 TAHUN DI TK MARANATHA 01 SEMARANG.

Mulyasa. (2017). Strategi pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Robingatin, & Zakiyah, U. (2019). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (Analisis Kemampuan Bercerita Anak). Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.

Sari, N. R., & Widyasari, C. (2022). Metode Glenn Doman untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6045–6056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3352

Sinambela, & P., L. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Untuk Bidang Ilmu Administrasi, Kebijakan Publik, Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulistyawati, E. E., & Sujarwo, S. (2016). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media video compact disc pada anak usia 5– 6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 28. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.8064

Wahyu, H., Betrianita, pramesti, tridita, M., & Padila. (2018). PENGARUH METODE GLENN DOMAN (TAHAP 1 DAN 2) TERHADAP PERKEMBANGAN KOMUNIKASI ANAK AUTISME. 2, 169–183. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.306

Yulianti, D. (2019). PENGARUH METODE MEMBACA GLENN DOMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Zulianingsih, L., Khan, R. I., & Yulianto, D. (2020). Media putaran kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 115–122. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/627


Article Metrics

 Abstract Views : 247 times
 PDF Downloaded : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.