Abstract


Metode Glenn Doman merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk membantu anak didik dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan, penggunaan metode Glenn Doman ini dapat menstimulasi otak anak agar berkembang lebih baik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Glenn Doman terhadap kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Mentari Bontoa Kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif correlation. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas B Taman Kanak-kanak Mentari Bontoa Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Nonprobability Sampling (Sampling Jenuh). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner (Angket) dengan instrument penilaian . Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Glenn Doman terhadap kemampuan membaca permulaan anak. Berdasarkan hasil uji analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai R Square adalah sebesar 0,536. Hal ini menunjukkan ada pengaruh metode Glenn Doman (Variabel X) terhadap Kemampuan membaca (variabel Y) dengan nilai sebesar 53,6%.


Keywords


Metode; Glendoman; Membaca Awal; Anak Usia Dini