Katalisasi Penjaminan Mutu Lulusan Berbasis Iasp 2020 Pada Satuan Pendidikan di Buton Tengah

Syarifuddin Tundreng(1), Halidin Halidin(2),
(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka  Indonesia
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.122714

Full Text:    Language : en

Abstract


Sekolah merupakan lembaga formal yang dapat membangun mutu pendidikan secara umum. Olehnya itu sekolah seharusnya dapat melakukan penjaminan mutu lulusan agar menghasilkan output yang berkualitas dan kompeten untuk menghadapi tantangan global di masa yang akan datang. Penjaminan mutu lulusan tersebut akan tercapai melalui proses akreditasi. Mulai tahun 2020, proses akreditasi telah di sederhanakan dari berbasis kepatuhan menjadi berbasis kinerja yang di sebut dengan  Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 (IASP 2020). Terdapat  4 komponen di dalam instrumen tersebut yakni komponen mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan managemen sekolah. Komponen mutu lulusan mempunyai bobot paling tinggi dibandingkan komponen yang lain karena diyakini bahwa berhasilnya suatu pendidikan di sekolah dapat dilihat dari gambaran mutu lulusannya. Oleh karena itu, diharapkan kepada semua sekolah untuk meningkatkan penjaminan mutu lulusan agar dapat meraih nilai akreditasi yang tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melakukan penjajakan terhadap proses penjaminan mutu lulusan yang berbasis akreditasi dengan menggunakan IASP 2020 di SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah  Kabupaten Buton Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini case studi. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, dengan pertimbangan sekolah  yang telah mengalami proses akreditasi dengan menggunakan menggunakan IASP 2020. Sasaran dalam penelitian ini adalah tim manajemen sekolah  guru dan staf

Keywords


Akreditasi; Mutu Lulusan; Sekolah

References


Bodvin, K., Verschueren, K., & Struyf, E. (2018). School counsellors’ beliefs regarding collaboration with parents of students with special educational needs in Flanders: Parents as partners or opposites? British EducationalResearch Journal, 44(3). https://doi.org/10.1002/berj.3333.

Hasanah, E. (2021). Best Practice Penjaminan Mutu Lulusan Berbasis Iasp 2020 Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(2), 178. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p178

Hasanah, E., Purnawan, P., Kuat, K., & Hamidun, E. (2020). Pelatihan penjaminan mutu sekolah berbasis akreditasi di smk muhammadiyah 2 bantul. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarkat, 2(November), 799–806, Nov.

Hasim, W., & Hasanah, E. (2020). The Role of Principal Leadership in Preventing COVID-19 Transmission at SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah Buay Madang Timur Indonesia. Asian Journal of Education and Social Studies, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v11i130279

Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Effendi, D. I. (2020). Pelatihan Blended Learning Melalui Aplikasi Mobile Bagi Guru SMP pada Masa Pandemi Covid-19. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 200–208. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.29094

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Janah, A. F., Wiyanto, & Hartono. (2016). Penerapan Peta Konsep IPA Terpadu untuk Mengukur Minds-On and Hands-On Activity Siswa Sekolah Menengah Pertama. Unnes Physics Education Journal, 5(3), 1–8.

Murray, C., Heinz, M., Munday, I., Keane, E., Flynn, N., Connolly, C., Hall, T., & MacRuairc, G. (2020). Reconceptualising relatedness in education in ‘Distanced’ Times. European Journal of Teacher Education.https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1806820

Metsing, I. T., Hansraj, R., Jacobs, W., & Nel, E. W. (2018). Review of school vision screening guidelines. In African Vision and Eye Health (Vol. 77, Issue 1). https://doi.org/10.4102/aveh.v77i1.444

Sumarto, Holliday, C. O. J., Schmidheiny, S., Watts, P., Schmidheiny, S., Watts, P., Montgomery, H., Pmi, University of Pretoria, Gentry, R. R., Lester, S. E., Kappel, C. V., White, C., Bell, T. W., Stevens, J., Gaines, S. D., Zavadskas, E. K., Cavallaro, F., Podvezko, V., … Branch, B. (2018). Peran dan Kredibiltas Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S?/M) Mewujudkan Sekolah Efektif Melalui Manajemen Mutu. Pakistan Research Journal of Management Sciences, 7(5), 1–2. http://content.ebscohost.com/ContentServer.asp?EbscoContent=dGJyMNLe80Sep7Q4y9f3OLCmr1Gep7JSsKy4Sa6WxWXS&ContentCustomer=dGJyMPGptk%2B3rLJNuePfgeyx43zx1%2B6B&T=P&P=AN&S=R&D=buh&K=134748798%0Ahttp://amg.um.dk/~/media/amg/Documents/Policies and Strategies/

Sumarto, S. (2019). Peran dan kredibilitas badan akreditasi nasional sekolah/madrasah (ban s/m) mewujudkan sekolah efektif melalui manajemen mutu. Jurnal Literasiologi. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i1.6

Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 257–266. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6026

Wewe, M., Noge, M. D., Awe, E. Y., & Lawe, Y. U. (2021). Kegiatan Pendampingan Penyusunan Dokumen Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 Di Sd Negeri Late. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(1), 116–127. https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i1.264

Zaelani Mohammad. (2022). Implementasi IASP 2020 Guna Membangun Budaya Mutu di SD Muhammadiyah 3 Perang Serab. 1(11), 2993–2998.


Article Metrics

 Abstract Views : 129 times
 PDF Downloaded : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.