Abstract


Sekolah merupakan lembaga formal yang dapat membangun mutu pendidikan secara umum. Olehnya itu sekolah seharusnya dapat melakukan penjaminan mutu lulusan agar menghasilkan output yang berkualitas dan kompeten untuk menghadapi tantangan global di masa yang akan datang. Penjaminan mutu lulusan tersebut akan tercapai melalui proses akreditasi. Mulai tahun 2020, proses akreditasi telah di sederhanakan dari berbasis kepatuhan menjadi berbasis kinerja yang di sebut dengan  Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 (IASP 2020). Terdapat  4 komponen di dalam instrumen tersebut yakni komponen mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan managemen sekolah. Komponen mutu lulusan mempunyai bobot paling tinggi dibandingkan komponen yang lain karena diyakini bahwa berhasilnya suatu pendidikan di sekolah dapat dilihat dari gambaran mutu lulusannya. Oleh karena itu, diharapkan kepada semua sekolah untuk meningkatkan penjaminan mutu lulusan agar dapat meraih nilai akreditasi yang tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melakukan penjajakan terhadap proses penjaminan mutu lulusan yang berbasis akreditasi dengan menggunakan IASP 2020 di SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah  Kabupaten Buton Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini case studi. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, dengan pertimbangan sekolah  yang telah mengalami proses akreditasi dengan menggunakan menggunakan IASP 2020. Sasaran dalam penelitian ini adalah tim manajemen sekolah  guru dan staf

Keywords


Akreditasi; Mutu Lulusan; Sekolah