Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran

Shelty Deity Meity Sumual(1),
(1) Universitas Negeri Manado  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.122687

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil temuan terkait konsep dasar, implementasi dan tujuan dari manajemen berbasis sekolah.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metote systematic literature review. penggunaan digital library. Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan referensi yang bersumber dari data base Crossref.  Kedua, menentukan keyword yang digunakan dalam pencarian. Keyword atau kata kunci yang digunakan dalam pencarian data pada peneltian ini yaitu menggunakan kata “Manajemen-Berbasi-Sekolah” pada title keyword nya. Selanjutnya menggunakan tabel untuk mengurai keyword yang didapatkan. Tahapan selanjutnya pengoperasionalisasian keyword dari sumber data yang berasal dari data base Crossref. Populasi yakni artikel yang diperoleh dari data base Crossref. Penyaringan (inklusi dan eksklusi) dari jumlah artikel yang begitu banyak, untuk menentukan sampel penelitian, dan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta Analyses. implementasi program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di beberapa sekolah. Hasil implementasi MBS di SD Negeri Genuk 01 Ungaran Barat belum mencapai target yang diharapkan, sedangkan di sekolah dasar Islam Insan Kamil Bacan, implementasi MBS berhasil secara efektif dan efisien dalam aspek pengembangan kurikulum dan pembelajaran, peserta didik, sarana dan prasarana, pembiayaan, dan manajemen hubungan antara sekolah dengan masyarakat. Dalam implementasi MBS, tujuan utama adalah meningkatkan mutu sekolah dengan memfokuskan pada tiga pilar utama, yaitu manajemen sekolah, proses pembelajaran, dan peran masyarakat di sekolah.


Keywords


manajemen berbasis sekolah; peningkatan mutu; pembelajaran

References


Damayanti, D., Hutasoit, E., Natasya, F., Situmorang, K., & ... (2023). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Belajar Siswa. Peteka.

Fina, S. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Swasta Titfen Di Yayasan Titfen Kabupaten Kupang. Equilibrium: Jurnal Pendidikan.

Hadi, S., Tjahjono, H. K., & Palupi, M. (2019). Systematic Review: Meta Sintesis Untuk Riset Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Viva Victory Abadi, 127.

Ibrohim, B. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Strategi Alternatif Dalam Persaingan Mutu. In Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan (Vol. 4, Issue 1, P. 57). Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Lp2m) Universitas Islam Negeri (Uin) Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Jumiyati, J. (2016). Iklim Belajar Demokratis Dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Malaikosa, Y. M. L. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. In Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan (Vol. 5, Issue 1, P. 1). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Muhammad, S., & Rahman, M. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar Islam Insan Kamil Bacan Kabupaten Halmahera Selatan. In Edukasi (Vol. 15, Issue 1). Lppm Universitas Khairun.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi Dan Implementasi.

Putri, N. H., & Wibowo, U. B. (2018). Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah Melalui Partisipasi Masyarakat Di Smp. In Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan (Vol. 6, Issue 1, P. 45). Universitas Negeri Yogyakarta.

Rukayah, R., & Ismanto, B. (2016). Evaluasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Semarang. In Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan (Vol. 3, Issue 2, P. 178). Universitas Kristen Satya Wacana. Https://Doi.Org/10.24246/J.Jk.2016.V3.I2.P178-191

Suyitno, S. (2021). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Peran Komite Terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah. In Jurnal Basicedu (Vol. 5, Issue 3, Pp. 1564–1576). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Triyarsih, M. G. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. In Media Manajemen Pendidikan (Vol. 2, Issue 1, P. 25). Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.


Article Metrics

 Abstract Views : 1120 times
 PDF Downloaded : 287 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.