Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil temuan terkait konsep dasar, implementasi dan tujuan dari manajemen berbasis sekolah.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metote systematic literature review. penggunaan digital library. Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan referensi yang bersumber dari data base Crossref.  Kedua, menentukan keyword yang digunakan dalam pencarian. Keyword atau kata kunci yang digunakan dalam pencarian data pada peneltian ini yaitu menggunakan kata “Manajemen-Berbasi-Sekolah” pada title keyword nya. Selanjutnya menggunakan tabel untuk mengurai keyword yang didapatkan. Tahapan selanjutnya pengoperasionalisasian keyword dari sumber data yang berasal dari data base Crossref. Populasi yakni artikel yang diperoleh dari data base Crossref. Penyaringan (inklusi dan eksklusi) dari jumlah artikel yang begitu banyak, untuk menentukan sampel penelitian, dan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta Analyses. implementasi program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di beberapa sekolah. Hasil implementasi MBS di SD Negeri Genuk 01 Ungaran Barat belum mencapai target yang diharapkan, sedangkan di sekolah dasar Islam Insan Kamil Bacan, implementasi MBS berhasil secara efektif dan efisien dalam aspek pengembangan kurikulum dan pembelajaran, peserta didik, sarana dan prasarana, pembiayaan, dan manajemen hubungan antara sekolah dengan masyarakat. Dalam implementasi MBS, tujuan utama adalah meningkatkan mutu sekolah dengan memfokuskan pada tiga pilar utama, yaitu manajemen sekolah, proses pembelajaran, dan peran masyarakat di sekolah.


Keywords


manajemen berbasis sekolah; peningkatan mutu; pembelajaran