Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa

Rahadyan Lazuardhi Prasadhana(1), Yatim Riyanto(2), Wiwin Yulianingsih(3),
(1) Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia  Indonesia
(2) Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia  Indonesia
(3) Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.122589

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui hubungan gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik di PKBM Homeschooling Primagama Bekasi. Penelitian ini dilakuan di PKBM Homeschooling Primagama Bekasi. Dalamopenelitian iniopopulasi yang akanoditeliti adalah seluruh siswa dioPKBM Homeschooling Primagama Bekasi yang berjumlah 111 orang. Pada penelitian ini, peneliti akan mengambil sampel siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang akan diteliti memilikioketentuan, merupakanosiswa di PKBMoHomeschooling Primagama Bekasi yang masih aktif pada jenjang SMP dan SMA karena dianggap sudah dapatoberkomunikasi denganocukup baik danodapat menilai kebutuhan dirinya sendirioserta bersediaomenjadi sampelopada penelitianoini. Jumlah siswa yang menjadiosampel sebanyak 29oorang pada jenjangoSMP dano50 orang pada jenjangoSMA. Pada penelitian ini terdapat 2 variabel bebas yaitu home adalahogaya belajar dan motivasi belajar. Pada penelitian ini variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang terdiri dari pernyataan yang disesuaikan dari variabel penelitian yaitu gaya belajar dan motivasi belajar. Sedangkan data hasil belajar diperoleh dari dokumentasi, yaitu nilai rapor semester genap dari masing-masing sampel pada penelitian ini. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. 1) Terdapat hubungan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar sebesar 9,9%. Gaya belajar yang paling banyak digunakan oleh siswa adalah auditori, 2) Terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar sebesar 22,1%. Sebagian besar siswa sudah memiliki motivasi belajar yang tinggi. 3) Terdapat hubungan signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 32%. Penggunaan gaya belajar yang sesuai diimbangi dengan motivasi belajar yang tinggi akan menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi daripada kondisi yang sebaliknya

Keywords


gaya belajar; motivasi belajar; hasil belajar; home schooling, manajemen pendidikan

References


Aini, Siti Nurul, and Putu Sudira. 2015. “Pengaruh Strategi Pembelajaran, Gaya Belajar, Sarana Praktik, Dan Media Terhadap Hasil Belajar Patiseri SMK Se-Gerbangkertasusila.” Jurnal Pendidikan Vokasi 5(1):88–102.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.

Amin, Ahmad Kholiqul. 2017. “Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Edutama 4(2):51–64.

Djiwandono, Patrisius Istiarto. 2015. Meneliti Itu Tidak Sulit: Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan Bahasa. deepublish.

Emda, Amna. 2018. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 5(2):172–82.

Fachrial, Edy. 2020. “MANAJEMEN LULUSAN BERBASIS PEMBELAJARAN ONLINE (DARING).” Pena Persada.

Febiyanti, Febiyanti, Ayu Desiyanti, Rohmaniatul Fadhilah, and Agus Susilo. 2022. “Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Di Homeschooling.” Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran 3(1).

Fuad, A. Jauhar. 2015. “Gaya Belajar Kolb Dan Percepatan Belajar.” Pp. 1–6 in Psyhology Forum UMM: Seminar Psikologi dan Kemanusiaan.

Hilir, Alwi, and S. Kom. 2021. Teknologi Pendidikan Di Abad Digital. Penerbit Lakeisha.

Khomsatun, D. N., Mohammad Asikin, and Sugiman Sugiman. 2022. “Systematic Literature Review: Koneksi Matematika Dan Kemandirian Belajar.” Didactical Mathematics 4(2):323–35.

Kurniawan, Syamsul, and M. S. I. S Th I. 2017. Pendidikan Karakter Di Sekolah: Revitalisasi Peran Sekolah Dalam Menyiapkan Generasi Bangsa Berkarakter. Samudra Biru.

Lathifah, Zahra Khusnul, and Elis Yusniar. 2017. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Tarikolot 06 Bogor.” UNES Journal of Education Scienties 1(1):107–15.

Lengkana, Dewi, and Arwin Surbakti. 2019. “Pengaruh Metode Pencatatan Mind Mapping Dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik Materi Sistem Ekskresi.”

Martini, Ita, Ely Rudyatmi, and Saiful Ridlo. 2016. “Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Terhadap Pembelajaran Invertebrata Di SMA.” Journal of Biology Education 5(1).

Mulyaningsih, Indrati Endang. 2014. “Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 20(4):441–51.

Nugroho, Tisar Adi, and Ketut Sudarma. 2017. “Pengaruh Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Hasil Belajar.” Economic Education Analysis Journal 6(1):188–201.

Nuraedah, S. Pd. 2022. Sosiologi Pendidikan: Dari Masyarakat Hingga Ketidaksetaraan Gender Dalam Pendidikan. Nas Media Pustaka.

Sulaiman, Sulaiman, and S. Neviyarni. 2021. “Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran.” Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran 2(3):220–34.

Wahyudin, Wahyudin. 2018. “Optimalisasi Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum 2013.” Jurnal Kependidikan 6(2):249–65.

Wikanengsih, Wikanengsih. 2013. “Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP.” Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang 19(2):104445.

Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis ICT. Kencana.


Article Metrics

 Abstract Views : 343 times
 PDF Downloaded : 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.