Persepsi Mahasiswa Terhadap Sistem Pembelajaran Asyncronous Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Di Universitas Negeri Padang

Nurul Fadillah(1), Ulfia Rahmi(2),
(1)   Indonesia
(2) Departemen Kurikulum Teknologi Pendidikan  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.121732

Full Text:    Language : id

Abstract


Masuknya pembelajaran daring ke dalam mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan yang diduga telah memicu sejumlah argumentasi menjadi latar belakang dilakukannya penelitian. Pembelajaran daring hanya berguna untuk tugas, dan mahasiswa sering kesulitan memahami materi. Mahasiswa menghadapi keterbatasan dalam melaksanakan pembelajaran daring, seperti koneksi internet yang tidak stabil, LMS yang sering error, perangkat pembelajaran yang tidak mendukung, serta kuota internet yang terbatas. Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap sistem pembelajaran asinkron pada mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan random sampling, dengan sampel yakni 251 siswa yang mewakili 10 persen dari mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Dalam penelitian ini, kuesioner dipergunakan guna pengumpulan data, dengan responden diminta guna menjawab beberapa pertanyaan melalui Google From. Teknik analisis data penelitian ini dengan teknik analisis statistik deskriptif. Empat indikator pertanyaan instrumen penelitian mengungkapkan persepsi mahasiswa pada sistem pembelajaran asinkron pada mata kuliah Pendidikan Dasar di Universitas Negeri Padang. diperoleh hasil persentase indikator kualitas sistem teknis sebesar 58,17% termasuk skor penilaian cukup, hasil persentase indikator kualitas informasi sebesar 62,72% termasuk skor peringkat kuat, hasil persentase indikator kualitas pembelajar yaitu 62,8% termasuk skor penilaian kuat, dan hasil persentase pada indikator kualitas instruktur yaitu 59,72% termasuk skor peringkat cukup.


Keywords


Persepsi Asyncronous; Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan

References


Arif, B. & Wahyu, P. (2014). Sistem Broadcast Proses Belajar Mengajar dengan Synchronous dan Asynchronous. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 2(1)

Arikunto, Suharsimi. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Fitriani. (2020, April). Pembelajaran E-Learning Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran di Era Globalisasi https://dinkes.ntbprov.go.id/berita/pembelajaran-e-learning-sebagai-salah-satu-strategi-pembelajaran-di-era-digitalisasi/

Gyamfi, Samuel Adu & Patrick Ohemeng Gyaase. (2015). Students' Perception of Blended Learning Environment: A Case Study of the University of Education, Winneba, Kumasi-Campus, Ghana. The International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology: 11(1)

Hanum, Numiek Sulistyo. (2013). The Effectiveness of E-Learning As Instructional Media (Evaluation Study Of E-Learning Instructional Model in SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi: 3(1)

Haryati, & Rochman. (2012). Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah CIVIS: II(2)

Hendri, Jon. (2022). Penerapan Digital Learning Secara Synchronous dan Asynchronous sebagai Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Dikdaya: 12 (2)

Lismardayani, Reska. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan E-Learning UNP di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang

Malik, M., Fatima, G., Hussain Ch., A., & Sarwar, A. (2017). E-learning: Students’ Perspectives about Asynchronous and Synchronous Resources at Higher Education Level. Bulletin of Education and Research, 39(2)

Rahmadini, Silvia & Rahmi Ulfia. (2022). Desain Video Animasi Berbasis Studi Kasus Untuk Mata Kuliah Pengembangan E-Learning. Journal of Pedagogy and Online Learning: 1(1)

Rahmi, U & Azrul. (2022). Optimizing the Discussion Methods in Blended Learning to Improve Student’s High Order Thinking Skills. Pegem Journal of Education and Instruction: 12(3)

Rahmi, U., S Syafril., & A Azrul. (2021). Students’ Expectations for Blended Learning Discussion in Higher Education. Journal of Physics: Conference Series

Riwayatiningsih, R., & Sulistyani, S. (2020). The implementation of.synchronous and Asynchronous E- Language.Learning in Efl Setting: a Case Study. Jurnal Basis: 7(2)

Setiawardhani, Ratna Tiharita. (2013). Pembelaajaran Elektronik (E-Learning) dan Internet dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa .Edunomic, Jurnal Ilmiah Pend.Ekonomi: 1(2)

Sevima.com. (2021). Perbedaan Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron Beserta Contohnya. https://sevima.com/perbedaan-komunikasi-daring-sinkron-dan-asinkron-beserta-contohnya/

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Sulisworo, D., Nasir, R., & Maryani, I. (2016). Identification of Teachers‟ Problems in Indonesia on Facing Global Community. International Journal of Research Studies in Education: 6(2)

Syafril, S., Rahmi, U., Azrul, A. (2022). The Development of Case Study Teaching Materials for Prospective Teachers in LPTK. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(2)

Talebian, S., Mohammadi, H. M., & Rezvanfar, A. (2014). Information and Communication Technology (ICT) in Higher Education: Advantages, Disadvantages, Conveniences and Limitations of Applying E-learning to Agricultural Students in Iran. Procedia - Social and Behavioral Sciences: 152

Utami, Lia. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penerapan Blended Learning pada Kelas Menulis Essay Mahasiswa Semester III Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang

Wicaksono, P., Untung L N. W., Sulung, S. B., Anthareza, V., Patappuri, A. I. (2021). Motivasi belajar Taruna pada Pembelajaran Online Sepanjang Pandemi COVID-19 (Sebuah Artikel Konseptual). Skyhawk: Jurnal Aviasi Indonesia: 1(1).

Zhou, L., Wu, S., Zhou, M., & Li, F. (2020). 'School‟s Out, But Class‟ On‟, The Largest Online Education in the World Today: Taking China‟s Practical Exploration During The COVID-19 Epidemic Prevention and Control As an Example. SSRN Electronic Journal: 4(2)


Article Metrics

 Abstract Views : 99 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.