Pengelolaan pemasaran social yang diterapkan di sekolah untuk optimalisasi kualitas pendidikan

Rismita Rismita(1), Istaryatiningtias Istaryatiningtias(2),
(1) Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.121629

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menggalakkan kampanye manajemen pemasaran social untuk mengembangkan agen perubahan keberlanjutan kegiatan pendidikan dan  mengintegrasikan pemanfaatan produk social sebagai perwujudan prestasi yang diperoleh sekolah. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menjelaskan mengenai pengelolaan pemasaran social dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Data dikumpulkan melalui pertanyaan semi terbuka (ke beberapa guru), wawancara, dan dokumen yang ada di sekolah. Pengolahan data dan analisis data adalah reduksi data, kategorisasi data, dan sintesis data dengan mencari kaitan antar kategori data. Sedangkan teknik keabsahan data dengan melakukan triangulasi data. Hasil penelitian mengenai pemahaman guru mengenai fungsi pemasaran social belum memadai, tetapi pemahaman guru mengenai produk social sudah memadai, sebagai solusinya sekolah mengaktifkan semua media social milik sekolah dan membuat jejaring social pribadi sehingga peran guru bermanfaat untuk menggalakkan kampanye pemasaran social melalui produk social di sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengaruh kepada target sasaran (peserta didik) berupa kebaikan social yaitu merealisasikan berbagai etika di sekolah dan pesan moral pada media social yang ada gunanya untuk masyarakat social

Keywords


Pemasaran Sosial; Produk Sosial; Kualitas Pendidikan

References


Agustinova, D. E. (2020). Urgensi Humanisme dalam Pendidikan Abad ke-21. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(2), 173–188.

Aktan, E. (2017). Social media and crisis communication: Explicating the social-mediated crisis communication model. New York: Routledge Taylor & Francis.

Anggraini, H. (2019). Penguatan Sikap Komitmen Siswa terhadap Integrasi Nasional. Forum Ilmu Sosial, Vol. 46, pp. 26–38.

Annur, S., & Audina, U. (2020). Peran humas dalam membangun citra sekolah berbudaya di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang (Studi kasus terhadap peran humas dalam membangun citra di MAN 1 Palembang). Nuansa, 12(2), 256–267. https://doi.org/10.29300/nuansa.v12i2.2763

Antric, T., McKie, D., & Toledano, M. (2019). Soul searching: Public relations, reputation and social marketing in an age of interdisciplinarity. Public Relations Review, 45(5), 101827. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.101827

Dong, T., Liang, C., & He, X. (2017). Social media and internet public events. Telematics and Informatics, 34(3), 726–739. https://doi.org/10.1016/j.tele.2016.05.024

Donovan, R., & Henley, N. (2010). Principles and Practice of Social Marketing. In Principles and Practice of Social Marketing. https://doi.org/10.1017/cbo9780511761751

Evans, W. D., Pattanayak, S. K., Young, S., Buszin, J., Rai, S., & Bihm, J. W. (2014). Social marketing of water and sanitation products: A systematic review of peer-reviewed literature. Social Science and Medicine, 110, 18–25. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2014.03.011

Farrell, C. (2020). Do international marketing simulations provide an authentic assessment of learning? A student perspective. International Journal of Management Education, 18(1), 100362. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100362

Funk, T. (2013). Advanced social media marketing: How to lead, launch, and manage a successful social media program. In Springer. New York.

Harris, F. (2022). Social marketing: ready to help revolutionise marketing education. Journal of Social Marketing, 12(3), 354–370. https://doi.org/10.1108/JSOCM-07-2021-0154

Istaryatiningtias; Khuluqo, I. E. dan, & Rismita. (2022). Pelatihan dan pendampingan pemanfaatan media sosial sebagai sarana membangun citra sekolah di SMP Muhammadiyah 27 Kemayoran Jakarta. 4(4), 93–98.

Januarti, N. E. (2013). Integrasi Organisasi Masyarakat Sipil (Civil Social Organization) di Lingkungan Sekolah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1). https://doi.org/10.21831/socia.v10i1.5342

Kawekas, H. J. (2020). Application of Social Media Twitter as a Strategy for Government’s Transparency: Study on #Kemala Jateng Program. Forum Ilmu Sosial, 47(1), 1–7. Retrieved from https://doi.org/10.15294/fis.v47i1.23424

Komarova, O. (2021). Stage Of Development Of Social Media. 380–386. https://doi.org/10.15405/epsbs.2021.04.42

Kotler, Philips and Keller, K. L. (2012). Management marketing. In Prentice Hall (14th ed.). https://doi.org/10.1080/03031853.1972.9523871

Prieto-Sandoval, V., Torres-Guevara, L. E., & García-Díaz, C. (2022). Green marketing innovation: Opportunities from an environmental education analysis in young consumers. Journal of Cleaner Production, 363(September 2021). https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.132509

Rahman, K. M., & Malihah, E. (2021). Penanaman Moralitas Peserta Didik di Pelosok Desa Paseban melalui Komunikasi Interpersonal : Studi Deskriptif . Instilling Morality in Students in Remote Paseban Village through Interpersonal Communication : Descriptive Study . Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(2), 121–130.

Ramdani, Z. dan, & Zamroni. (2015). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di MTsN Model Selong Lombok Timur. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 104–117. https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5293

Reed, J. (2012). Get Up to Speed with Online Marketing: How to use websites, blogs, social networking and more to promote your business.

Rohma, S., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School-Based Management and Teacher’s Professionalism toward Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i1.6

Scott, D. M. (2010). The New Rules of Marketing and PR: How to Use Social Media, Blogs, News Releases, Online Video, & Viral Marketing to Reach Buyers Directly.

Soeprapto, S. (2013). Landasan Aksiologis Sistem Pendidikan Nasional Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 0(2), 266–276.

Syamsul Arifin. (2020). Marketing Pendidikan. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 14(1), 112–123. https://doi.org/10.51675/jt.v14i1.75

Zancajo, A. (2018). Educational providers in the marketplace: Schools’ marketing responses in Chile. International Journal of Educational Research, 88(October), 166–176. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2017.10.009


Article Metrics

 Abstract Views : 274 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.