Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menggalakkan kampanye manajemen pemasaran social untuk mengembangkan agen perubahan keberlanjutan kegiatan pendidikan dan  mengintegrasikan pemanfaatan produk social sebagai perwujudan prestasi yang diperoleh sekolah. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menjelaskan mengenai pengelolaan pemasaran social dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Data dikumpulkan melalui pertanyaan semi terbuka (ke beberapa guru), wawancara, dan dokumen yang ada di sekolah. Pengolahan data dan analisis data adalah reduksi data, kategorisasi data, dan sintesis data dengan mencari kaitan antar kategori data. Sedangkan teknik keabsahan data dengan melakukan triangulasi data. Hasil penelitian mengenai pemahaman guru mengenai fungsi pemasaran social belum memadai, tetapi pemahaman guru mengenai produk social sudah memadai, sebagai solusinya sekolah mengaktifkan semua media social milik sekolah dan membuat jejaring social pribadi sehingga peran guru bermanfaat untuk menggalakkan kampanye pemasaran social melalui produk social di sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengaruh kepada target sasaran (peserta didik) berupa kebaikan social yaitu merealisasikan berbagai etika di sekolah dan pesan moral pada media social yang ada gunanya untuk masyarakat social

Keywords


Pemasaran Sosial; Produk Sosial; Kualitas Pendidikan