Usulan Desain Organisasi Baru dalam Bisnis Keluarga untuk Keberlanjutan Bisnis (Studi Kasus: XYZ Garment)

Tara Armani(1), Neneng Nurlaela Arief(2),
(1)   Indonesia
(2)   Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.121063

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu XYZ Garment dalam mengembangkan desain organisasi baru untuk keberlanjutan bisnis. XYZ Garment adalah bisnis keluarga yang saat ini dipimpin oleh kepemimpinan generasi kedua. Saat ini, XYZ Garment sedang dalam proses pertumbuhan bisnis dan peningkatan produk untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Sistem bisnis pada perusahaan masih menggunakan pendekatan tradisional dan hal ini sudah tidak relevan dengan keadaan saat ini, dimana bisnis semakin berkembang dan semakin besar. CEO XYZ Garment menemukan beberapa masalah yang membuat organisasi menjadi tidak efektif sehingga organisasi tidak dapat bekerja dengan optimal. Penelitian ini menggunakan teori Greiner Growth Model untuk menentukan di fase mana XYZ Garment berada, dan akan membantu dalam menentukan langkah yang harus dilakukan XYZ Garment. Berdasarkan hasil analisis, saat ini XYZ Garment sedang dalam pertumbuhan tahap kedua dan akan menuju pertumbuhan tahap ketiga. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mempersiapkan XYZ Garment menuju fase pertumbuhan ketiga. Penulis kemudian menerapkan teori Galbraith Star Model untuk membantu mempersiapkan desain organisasi yang baru. Dalam hal ini faktor strategi, struktur, proses, ketidakseimbangan, dan orang-orang telah dipersiapkan untuk memasuki fase pertumbuhan ketiga. Setelah itu, penulis memberikan rekomendasi untuk melakukan dua langkah awal berdasarkan teori Kotter 8 Step yaitu menciptakan rasa urgensi dan membangun tim bersatu untuk melakukan transformasi organisasi secara efektif selama proses manajemen perubahan.


Keywords


desain organisasi; transformasi organisasi; perusahaan pakaian jadi; manajemen perubahan; keberlanjutan

References


Cummings Cummings, T. G., & Worley, G. C. (2015). Organization development & change. Cengage Learning.

Galbraith, J. R. (1974). Organization design: An information processing view. 4(3), 28-36.

Galbraith, J. R. (2016). Galbraith Management Consultants. Retrieved November 2022, from https://www.jaygalbraith.com/images/pdfs/StarModel.pdf

Greiner, L. E. (1989). Evolution and Revolution as Organizations Grow. In D. Asch, & C. Bowman, Readings in Strategic Management (pp. 373-387). London: Macmillan Publishers Limited.

Gutterman, A. (2021). Organizational Design for Sustainability. The Sustainable Project, 1-41.

Ipsen, C., & Bergmann, S. T. (2021). Designing Sustainable Organizations-A Framework with a Joint Focus on Wellbeing and Organizational Performance in Workplaces. Advances in Human Factors, Business Management and Leadership (pp. 335-341). Springer.

Joseph, J., Baumann, O., Burton, R., & Srikanth, K. (n.d.). Reviewing, Revisiting, and Renewing the Foundations of Organization Design. Organization Design (Advanced in Strategic Management), 40, 1-23.

Kotter, J. (2018). Kotter. Retrieved November 2022, from www.koterinc.com/methodology/8-steps/

Laig, R. B., & Abocejo, F. T. (2021). Change Management Process in a Mining Company: Kotter's 8-Step Change Model. Journal of Management, Economics, and Industrial Organization, 5(3), 31-50.

Aguilar, I. L., Alonso, G. M., Portilla, A. R., & Hidalgo, A. (2019). Sustainable Business Models through the Lens of Organizational Design: A Systematic Literature Review. 11(19), 5379.

Liaqat, M. U., Haron, A. J., & Bhatti, H. S. (2021). The Effect of Succesion on Family Business Innovation and Leadership: Case Analysis of Australia Smes. Journal of Enterpreneurship and Organization Management, 10(1), 1-8.

Obel, B., & Kallehave, P. (2022). Designing a sustainable organization: the four I's framework. Journal of Organization Design, 11(2), 65-76.

Pellegrini, C., Rizzi, F., & Frey, M. (2018). The role of sustainable human resource practices in influencing employee behaviour for corporate sustainability. Business Strategy and the Environment, 27(8), 1221-1232.

Porter, M. E. (1987). From Competitive Advantage to Corporate Strategy. Retrieved December 2022, from Harvard Business Review: https://hbr.org/1987/05/from-competitive-advantage-to-corporate-strategy

Statista. (2022). Consumer Markets: Apparel-Indonesia. Retrieved November 2022, from Statista: https://www.statista.com/outlook/cmo/apparel/indonesia


Article Metrics

 Abstract Views : 233 times
 PDF Downloaded : 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.