Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu XYZ Garment dalam mengembangkan desain organisasi baru untuk keberlanjutan bisnis. XYZ Garment adalah bisnis keluarga yang saat ini dipimpin oleh kepemimpinan generasi kedua. Saat ini, XYZ Garment sedang dalam proses pertumbuhan bisnis dan peningkatan produk untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Sistem bisnis pada perusahaan masih menggunakan pendekatan tradisional dan hal ini sudah tidak relevan dengan keadaan saat ini, dimana bisnis semakin berkembang dan semakin besar. CEO XYZ Garment menemukan beberapa masalah yang membuat organisasi menjadi tidak efektif sehingga organisasi tidak dapat bekerja dengan optimal. Penelitian ini menggunakan teori Greiner Growth Model untuk menentukan di fase mana XYZ Garment berada, dan akan membantu dalam menentukan langkah yang harus dilakukan XYZ Garment. Berdasarkan hasil analisis, saat ini XYZ Garment sedang dalam pertumbuhan tahap kedua dan akan menuju pertumbuhan tahap ketiga. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mempersiapkan XYZ Garment menuju fase pertumbuhan ketiga. Penulis kemudian menerapkan teori Galbraith Star Model untuk membantu mempersiapkan desain organisasi yang baru. Dalam hal ini faktor strategi, struktur, proses, ketidakseimbangan, dan orang-orang telah dipersiapkan untuk memasuki fase pertumbuhan ketiga. Setelah itu, penulis memberikan rekomendasi untuk melakukan dua langkah awal berdasarkan teori Kotter 8 Step yaitu menciptakan rasa urgensi dan membangun tim bersatu untuk melakukan transformasi organisasi secara efektif selama proses manajemen perubahan.