Pembelajaran Berbasis Web, Mobile dan Sumber Belajar Digital
(1) Universitas Negeri Manado  Indonesia
(2) Universitas Negeri Manado  Indonesia
(3) Universitas Negeri Manado  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.120784
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode study literature review. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui tentang bagaimana perkembangan pembelajaran berbasis web, mobile dan sumber belajar digital. Sumber data dalam penelitian ini yakni dari data sekunder yang dikumpulkan oleh peneliti melalui artikel hasil penelitian. . Populasi yakni artikel yang diperoleh dari digital library. Jumlah artikel yang diperoleh begitu banyak, maka penentuan jumlah sampel digunakan dalam penelitian ini melalui proses penyaringan (inklusi dan eksklusi), dan prosedur penilaian kualitas dan relevansi dari artikel menggunakan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta Analyses. Analisis data menggunakan teknik proses ekstraksi dan pengkodean data kemudian melakukan penilaian kualitas dan relevansi data. Hasil penelitian menunjukan pertama, tentang pembelajaran berbasis web merupakan pembelajaran yang memanfaatkan website sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelebihannya yaitu dapat menghadirkan fleksibilitas, interaktivitas, kecepatan, dan visualisasi dalam proses pembelajaran. Kedua, pembelajaran berbasis mobile smartphone merupakan yaitu pembelajaran yang memanfaatkan aplikasi yang terdapat pada ponsel pintar untuk membantu proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pemahaman siswa setelah menggunakan aplikasi pembelajaran menggunakan mobile smartphone. Ketiga, pemanfaatan sumber belajar digital dapat dipahami sebagai gabungan elemen perangkat keras dan perangkat lunak yang mempunyai potensi untuk mengatasi masalah belajar dan memfasilitasi kegiatan belajar.
Keywords
References
Akmal, H., & Susanto, H. (2018). Efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis mobile smartphone sebagai media pengenalan sejarah lokal masa revolusi fisik Di Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Historia, 6(2), 197–206.
Camilleri, M. A., & Camilleri, A. C. (2017). Digital learning resources and ubiquitous technologies in education. Technology, Knowledge and Learning, 22(1), 65–82.
Dopo, F. B., & Ismaniati, C. (2016). Persepsi guru tentang digital natives, sumber belajar digital dan motivasi memanfaatkan sumber belajar digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 13–24.
Hadi, S., Tjahjono, H. K., & Palupi, M. (2019). Systematic Review: Meta Sintesis Untuk Riset Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Viva Victory Abadi, 127.
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166–182.
Maran, C., Selvaraj, C., & Ravikumar, B. (2011). Effectiveness of Multimedia Learning in Higher Education. International Journal of Multimedia Technology, 1(2), 88–92.
Mehdipour, Y., & Zerehkafi, H. (2013). Mobile learning for education: Benefits and challenges. International Journal of Computational Engineering Research, 3(6), 93–101.
Priambodo, C. G. (2013). Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Efektivitas Belajar Menurut Keragaman Siswa Dan Orang Tua : Studi Kasus Smalb Pangudi Luhur Jakarta. Faktor Exacta, 6(1), 1–16.
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250.
Sulastri, Y. L., & Hakim, L. L. (2014). Pembelajaran Berbasis Mobile. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(2), 173–178.
Surjo, H. D. (1999). Pemanfaatan internet untuk memperbaharui model pengajaran di perguruan tinggi. Cakrawala Pendidikan, 86008.
Surjono, H. D. (2010). Membangun course e-learning berbasis moodle. Universitas Negeri Yogyakarta.
Windschitl, M., Thompson, J., Braaten, M., & Stroupe, D. (2012). Proposing a core set of instructional practices and tools for teachers of science. Science Education, 96(5), 878–903. https://doi.org/10.1002/sce.21027
Yani, S. R., & Siwi, M. K. (2020). Analisis penggunaan media sosial dan sumber belajar digital dalam pembelajaran bagi siswa digital native di SMAN 2 painan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 1–7.
Zayyadi, M., Lanya, H., & Halim, D. (2022). Aplikasi Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar (Kbm) Sebagai Optimalisasi Program Merdeka Belajar Di Sekolah. Pattimura Mengabdi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 1–10.
Article Metrics
Abstract Views : 1850 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 482 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.