Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode study literature review. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui tentang bagaimana perkembangan pembelajaran berbasis web, mobile dan sumber belajar digital. Sumber data dalam penelitian ini yakni dari data sekunder yang dikumpulkan oleh peneliti melalui artikel hasil penelitian. . Populasi yakni artikel yang diperoleh dari digital library. Jumlah artikel yang diperoleh begitu banyak, maka penentuan jumlah sampel digunakan dalam penelitian ini melalui proses penyaringan (inklusi dan eksklusi), dan prosedur penilaian kualitas dan relevansi dari artikel menggunakan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta Analyses.  Analisis data menggunakan teknik proses ekstraksi dan pengkodean data kemudian melakukan penilaian kualitas dan relevansi data. Hasil penelitian menunjukan pertama, tentang pembelajaran berbasis web merupakan pembelajaran yang memanfaatkan website sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelebihannya yaitu dapat menghadirkan fleksibilitas, interaktivitas, kecepatan, dan visualisasi dalam proses pembelajaran. Kedua, pembelajaran berbasis mobile smartphone merupakan yaitu pembelajaran yang memanfaatkan aplikasi yang terdapat pada ponsel pintar untuk membantu proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa  terjadi peningkatan pemahaman siswa setelah menggunakan aplikasi pembelajaran menggunakan mobile smartphone. Ketiga, pemanfaatan sumber belajar digital dapat dipahami sebagai gabungan elemen perangkat keras dan perangkat lunak yang mempunyai potensi untuk mengatasi masalah belajar dan memfasilitasi kegiatan belajar.


Keywords


Pembelajaran; Berbasis Web; Mobile; Sumber Belajar Digital