Potret Kinerja Guru pada Era Covid-19: Tinjauan Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kebijakan Dana BOS

Mohamad Muspawi(1), Dinda Anggun Kurnia(2), K.A. Rahman(3), Robi Hendra(4),
(1) Universitas Jambi  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Jambi  Indonesia
(3) Administrasi Pendidikan, Universitas Jambi  Indonesia
(4) Administrasi Pendidikan, Universitas Jambi 

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.120417

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan riset ini ialah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja guru dan kebijakan dana Bantuan Operasional Sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 10 Muaro Jambi. Populasinya adalah seluruh guru sekolah yang berjumlah 71 orang, dengan menggunakan total sampling, menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial melalui bantuan aplikasi SPSS dan Smart PLS 3.2.7. Hasil analisis deskriptif menginformasikan pemetaan masing-masing variabel yaitu kinerja guru, motivasi kerja guru dan kebijakan dana BOS, terlihat bahwa kinerja guru masih relatif rendah/cukup dan kebijakan dana BOS juga masih rendah. Dalam penggunaan, hanya motivasi kerja guru yang termasuk dalam skor tinggi. Motivasi kerja guru (X1) berpengaruh terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,771 (77,1%). Kebijakan Dana Bantuan Operasional Sekolah (X2) berpengaruh terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,161 (16,1%). Kebijakan motivasi kerja guru (X1) dan Bantuan Operasional Sekolah (X2) juga memiliki pengaruh terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,755 (75,5%). Disarankan ada kelanjutan penelitian faktor. Hal ini disebabkan, dalam penelitian ini kedua variabel tersebut hanya menjelaskan 75,5% pengaruhnya terhadap terciptanya kinerja guru yang lebih tinggi

Keywords


Kinerja Guru, Motivasi Kerja Guru, Kebijakan Dana BOS

References


Anggraeni, N. (2011). Pengaruh Kemampuan dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai pada Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung. Jurnal PenelitianPendidikan, 12(2),54-74.

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 17(02).

Asnawi, A. P. Evaluasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2012 (Studi Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Kabupaten Bintan).

Fathoni, N. (2018). Manajemen pembiayaan Madrasah: penelitian di Madrasah Aliyah Al-Manshuriyah Pagelaran Cianjur (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Fernet, C., Senécal, C., Guay, F., Marsh, H., & Dowson, M. (2008). The work tasks motivation scale for teachers (WTMST). Journal of Career assessment, 16(2), 256-279. https://doi.org/10.1177/1069072707305764

Ghozali, I. (2014). Model PersamaanStruktural: Konsep dan Aplikasidengan Program AMOS 22.0 Update Bayesian SEM. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadiyanto, N. (2017). Pengaruh Implementasi Kebijakan Pemberian Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Dan Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 9(1), 103-116.

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1).

Madjid Abdul, (2016). Pengembangan Kinerja GuruMelalui: Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta.Perpustakaan Nasional RI, Katalog Dalam Terbitan (KDT). PT.Samudra Biru.

Mangkunegara, A. A. P. (2005). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya Aditama.

Muspawi, Mohamad: Strategi Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari, 21 (1), Februari 2021. 101-106. ISSN 1411-8939 (Online), ISSN 2549-236 (Print). DOI 10.33087/jiubj.v21i1.1265.

Mutakin, T. Z. (2015). Pengaruh kompetensi, kompensasi, dan latar belakang terhadap kinerja guru. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.122

Panjaitan, R. P. (2019). Pelaksanaan Pengendalian Internal Bantuan Operasional Sekolah (BOS) melalui Pendekatan Fungsi Pengelolaan Keuangan Negara. Jurnal Manajemen Keuangan Publik, 3(2), 15-24. http://dx.doi.org/10.31092/jmkp.v3i2.523

Rahman. (2005). Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Bandung: Alqaprint Jatinagor bekerjasama dengan Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI).

Setiyati, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206.

Sucianti, S. (2015). Pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap motivasi kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Dabin I dan II Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100-110.

Suhadi, E., Mujahidin, E., Bahruddin, E., & Tafsir, A. (2014). Pengembangan Motivasi dan Kompetensi Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 42-60. http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v3i1.570

Uno, H. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan) Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2012). Teori kinerja dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, J. (2017). Urgensi Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 219-246. http://dx.doi.org/10.19105/tjpi.v11i2.1170

Virgiani, E. R. (2009). Studi Tentang Manajemen Bantuan Operasional Sekolah (BOS): Kontribusi Manajemen BOS dan Kinerja Mengajar Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran di SMP Negeri Se-Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Winardy. (2003). Teori Organisasi dan Pengorganisasian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

 Abstract Views : 214 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.